Tips to Win the Fulbright Scholarship

Bagi yang berminat melanjutkan studi S2 dan S3 di Amerika dengan beasiswa Fulbright, berikut ini tips dari Aminef.

Office Lens_20150202_104555
Suasana musim dingin di Amerika

Banyak diantara calon pelamar yang biasanya bertanya tentang rahasia sukses untuk memenangkan beasiswa Fulbright.

Berikut ini kami paparkan beberapa tipsnya:

1. DEADLINE
Tenggat waktu pengumpulan beasiswa Fulbright adalah 15 April 2015. Jangan tunda sampai 14 April untuk mulai mengisi form aplikasinya, ya!

2. FULBRIGHT APPLICATION FORM
Pelamar wajib mengetik form aplikasi menggunakan bahasa Inggris secara lengkap dan jujur, serta menyertakan kelengkapan berkas yang diwajibkan. Daftar berkas bisa dilihat di dalam form aplikasinya. Berkas lainnya yang tidak diminta (sertifikat seminar, sertifikat penghargaan, dsb) tidak usah dilampirkan.

Jangan lupa bubuhkan tanda tangan menggunakan pulpen di tempat yang diinginkan.

3. STUDY OBJECTIVE
Selain mengisi form aplikasi, pelamar Fulbright S2 dan S3 wajib menyertakan satu lembar A4 essay study objective sebanyak kurang lebih 500 kata, diketik satu spasi.

Study objective essay merupakan komponen TERPENTING yang dipertimbangkan oleh panitia seleksi.

Study Objective yang baik akan memuat informasi sbb:
a. Bidang studi dan spesialisasi yang ingin kamu ambil di Amerika.
b. Bagaimana dua komponen diatas sejalan dengan latar belakang pekerjaan / pendidikan kamu saat ini.
c. Mengapa kamu ingin mempelajarinya secara spesifik di Amerika, bukan di negara lain.
d. Bentuk kontribusi nyata yang ingin kamu berikan ke Indonesia sekembalinya dari studi.

Agar bisa menuliskan study objective yang kompetitif, pelamar dianjurkan mencari tahu spesialisasi studi yang ingin diambil dengan cara mempelajari deskripsi program dan syllabus yang ditawarkan oleh universitas di Amerika.

Tapi kamu tidak wajib menyebutkan secara spesifik nama universitas yang kamu inginkan di dalam essay ini, mengingat nantinya kamu akan dibantu dalam hal pendaftaran ke 4-5 universitas kalau sudah dinyatakan menjadi Kandidat Fulbright.

4. RESEARCH PROPOSAL*
Research Proposal hanya dilampirkan oleh pelamar Fulbright jenjang S3. Research proposal ditulis sebanyak 3-5 halaman A4, diketik satu spasi, dan memuat enam komponen yang disebutkan di dalam form aplikasi.

Pelamar S3 sangat dianjurkan untuk memiliki topik riset yang jelas dan sudah menghubungi calon pembimbing akademik di Amerika. (Surat penerimaan atau Letter of Admission tidak diperlukan).

5. TOEFL and GRE/GMAT
Untuk tahap awal pengumpulan berkas per 15 April, kamu cukup melampirkan fotokopi skor ITP TOEFL saja (Skor minimal pelamar S2: 550; skor minimal pelamar S3: 575). Skor ini bisa dipergunakan untuk melamar beasiswa, tapi tidak bisa dipergunakan dalam tahap pendaftaran ke universitas di Amerika.

Pelamar Fulbright SANGAT dianjurkan mulai belajar mengenal TOEFL IBT dan GRE/GMAT saat proses melamar atau jauh-jauh hari sebelum rencana melamar beasiswa. Dengan demikian, kamu akan lebih siap saat kamu daftarkan tesnya nanti.

REMINDER: Pendaftaran tes-tes diatas HANYA akan dilakukan jika kamu resmi dinyatakan sebagai Kandidat Fulbright setelah lolos dalam tahap seleksi wawancara (mohon merujuk pada postingan Timeline sebelumnya ya!)

Bagi mereka yang melamar Fulbright menggunakan IELTS, kamu masih akan didaftarkan untuk TOEFL IBT sesuai dengan kebijakan Fulbright.

Bagi mereka yang melamar Fulbright menggunakan TOEFL IBT, kamu masih ada kemungkinan untuk mengikuti tes lagi (sesuai dengan nilai dan validitas TOEFL IBT sebelumnya)

Selain kemampuan berbahasa Inggris yang diukur dengan TOEFL IBT, kamu akan didaftarkan untuk menjalani Tes Potensi Akademik (TPA) dalam bahasa Inggris yang dinamakan GRE, GRE Subject dan GMAT sesuai dengan bidang studi dan spesialisasi pendidikan tinggi yang ingin dijalani di Amerika.

Meskipun beberapa kampus di Amerika ada yang tidak menyaratkan GRE / GMAT, kamu akan tetap didaftarkan untuk mengambil tes ini sesuai ketentuan kami.

Berikut ini website resmi penyelenggara tes yang dapat kamu pelajari:
TOEFL IBT: http://www.ets.org/toefl
GRE (General): http://www.ets.org/gre
GRE Subject: https://www.ets.org/gre/subject/about
GMAT: www.mba.com

6. REFERENCE LETTER
Reference Letter/Recommendation Letter juga merupakan dokumen yang penting lho! Dokumen ini sifatnya rahasia (confidential). Kamu sebagai yang diberi rekomendasi tidak boleh tahu apa yang dituliskan oleh pemberi rekomendasi.

Silakan berikan form standar Fulbright kepada calon pemberi rekomendasi kamu. Pengetikan surat rekomendasi harus dalam bahasa Inggris.

Bila pemberi rekomendasi ingin mengetikkan essaynya diatas kertas berkop surat institusi, hal tsb diperbolehkan. Namun ybs juga perlu melengkapi halaman 1 dan 2 form standar Fulbright untuk surat rekomendasi.

Siapakah yang patut dimintai surat rekomendasi?
Dosen, pembimbing skripsi/thesis, maupun atasan langsung (supervisor) di tempat kerja adalah orang yang tepat untuk dimintai surat rekomendasi. Karena mereka bisa memberikan penilaian spesifik, baik dari segi akademis ataupun kompetensi, kualifikasi, maupun komitmen kamu terhadap bidang studi.

Oleh karenanya, dianjurkan untuk mengkomunikasikan rencana studimu di Amerika ketika meminta ybs menuliskan rekomendasi.

Bagaimana cara mengirimkan surat rekomendasi?
– Silakan dapatkan surat rekomendasi dalam amplop tertutup yang dibubuhi tandatangan ybs di bagian luar amplop, kemudian kirimkan bersamaan dengan form aplikasimu.

– Jika pemberi rekomendasi berdomisili di luar kota / luar negeri, ybs bisa mengirimkan hasil scan rekomendasinya dalam format PDF file ke email kami: infofulbright_ind@aminef.or.id

– Jika pemberi rekomendasi mengetik essaynya dalam bahasa Indonesia, silakan minta bantuan penerjemah tersumpah/sworn translator atau lembaga resmi penyedia jasa untuk membuat terjemahan bahasa Inggrisnya. Mereka harus memberikan hasil terjemahan suratnya kepada kamu dalam amplop tertutup bersamaan dengan dokumen versi bahasa Indonesianya.

– AMINEF tidak menyarankan surat rekomendasi dikirimkan terpisah via pos. Selain memakan waktu pengiriman yang lama, ini akan mempersulit pencarian dokumennya di pihak kami ketika AMINEF harus menyatukan dokumen yang terpisah tersebut.

7. CONTACT AMINEF

Masih punya pertanyaan?

silakan hubungi kami via email: infofulbright_ind@aminef.or.id atau kirimkan Personal Message ke page ini. Mengingat kami menerima puluhan email pertanyaan di setiap harinya, mohon beri kami waktu 3-5 hari kerja untuk menjawab emailmu ya!

===== END =====

Gimana? Sudah nggak ragu lagi melamar Fulbright? Silakan kunjungi tautan sbb: http://bit.ly/1BiFqKD

Nantikan postingan kami berikutnya tentang GENERAL FAQ: THE FULBRIGHT PROGRAM di hari Jumat, 20 Feb sekitar jam 5 sore ya!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo I BBM 7DCB0622 I Line ID: Sdsafadg I Twitter @01_budi 

Advertisements

5 Comments

  1. Terima kasih banyak infonya Mas. Saya sudah buka link yang berhubungan dengan beasiswa S2. Secara khusus saya tertarik dengan topik seputar CV. Bisakah contoh CVnya dikirimkan ke johannesnarasetu@yahoo.com? Kayaknya kerangka dari Mas Budi akan sangat membantu pengisian CV saya sendiri. Thanks before..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s