Amunisi Untuk Melamar Beasiswa S3 Fulbright

Penerima beasiswa Fulbright Presidential Scholarship 2014
Penerima beasiswa Fulbright Presidential Scholarship 2014

Buat yang tertarik melanjutkan studi S3 ke Amerika dengan beasiswa Fulbright yang sedang dibuka sekarang, ada 2 jenis beasiswa S3 yang disediakan, yaitu Fulbright Presidential Scholarship dan Dikti Funded Fulbright. Kuota beasiswa yang pertama lumayan sedikit, tahun lalu hanya 5 orang diambil dari seluruh Indonesia, termasuk saya didalamnya, sedangkan untuk yang Dikti Funded kalau tidak salah ada sekitar 30-an orang yang dapat. Untuk jenis kedua, sepertinya selama nilai TOEFL IBT bagus, bisa dapat karena untuk memenuhi kuota target beasiswa Dikti juga, tapi yang ini tidak pakai telat duitnya. Di lain waktu, saya akan bahas khusus tentang tips memenangkan beasiswa S3, terutama Fulbright.

Saya sudah upload semua contoh file yang dibutuhkan untuk melamar beasiswa S3 Fulbright, seperti aplikasi beasiswa Fulbright, study objective, personal statement dan research proposal yang saya gunakan melamar beasiswa Fulbright tahun lalu di blog ini. Silahkan klik link ini dan dishare ke teman yang lain. Khusus untuk contoh research proposal, kalau mau lihat contoh yang lebih banyak lagi bisa lihat blog kemisan, klik link ini. Ada juga e-book gratis yang berjudul “Smart Tweets for Scholarship Hunters” yang berisi tentang cerita dan tips persiapan melamar beasiswa studi ke luar negeri. Walaupun kebanyakan membahas tentang S2, itu juga sebagian besar berlaku untuk yang ingin melamar beasiswa S3. Bisa klik link ini untuk download e-booknya dan silahkan di share ke teman yang lain. Untuk download formulir aplikasi beasiswa Fulbright, bisa klik link ini.

Jangan lupa juga baca “Tips to Win Fulbright Scholarship dari Aminef” di link ini.

Silahkan di share semuanya.

Ini ada sedikit penjelasan tentang perbedaan antara beasiswa Fulbright Presidential Scholarship dan Dikti Funded Fulbright dari Aminef. 

Fulbright FAQ: Fulbright vs DIKTI funded Fulbright Program
======

Selamat Sore!

Pada ‪#‎FulbrightIndonesiaTips‬ kali ini, kami ingin memaparkan perbedaan beasiswa program ‪#‎Fulbright‬ dan DIKTI Funded Fulbright. Siapa yang boleh melamar program yang mana? smile emoticon

Berikut ini penjelasannya:

1. PROGRAM FULBRIGHT
Program Fulbright boleh dilamar oleh semua kalangan dari instansi baik negeri maupun swasta. Mereka yang baru lulus pun boleh melamar program ini. Selain itu, tidak ada batasan usia bagi pelamar.

2. PROGRAM DIKTI FUNDED FULBRIGHT
Program ini hanya bisa dilamar oleh dosen tetap perguruan tinggi negeri/swasta yang memiliki NIDN saja. Batasan usia berlaku untuk program ini yaitu maksimal 35 tahun bagi pelamar S2 dan maksimal 50 tahun bagi pelamar S3.

Kepemilikan NIDN merupakan syarat yang MUTLAK.

Bagi dosen tetap/tidak tetap tanpa NIDN atau staf administrasi non dosen di universitas, maka ybs tidak memenuhi syarat untuk melamar program ini. Namun, silakan lamar Program Fulbright saja.

Apakah boleh melamar kedua program diatas untuk memperbesar kesempatan kamu? BOLEH sekali.

Tentu kamu harus pilih salah satu jika nantinya terpilih di kedua program tersebut. Ketentuan ini juga berlaku jiika kamu ingin melamar Program khusus lainnya yang AMINEF kelola.

Gimana? sudah siap melamar program beasiswa kami?
Silakan akses tautan berikut ini: http://bit.ly/1BiFqKD

Timeline Beasiswa Fulbright S2 dan S3
Timeline Beasiswa Fulbright S2 dan S3

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo I BBM 7DCB0622 I Line ID: Sdsafadg I Twitter @01_budi 

Advertisements

10 Comments

  1. Thanks banget buat penjelasannya dalam tulisan ini ya kak budi, saya mau nanya apakah aminef atau kak budi sudah dapat info timeline program dikti funded fulbright untuk s3 tahun 2016 ini? Thanks before kak budi

    Like

  2. Saya diterima oleh beasiswa S3 Fulbright DIKTI bersamaan dengan Australia Awards Scholarhip. Bisa beri gambaran sedikit kalau beasiswa DIKTI funded Fulbright apakah cukup dan terjamin?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s