IMG_20160311_224848Januari lalu, saya mengikuti satu program pelatihan kepemimpinan yang cukup populer di kampus-kampus Amerika selama seminggu.

Kalau mengikuti pelatihan semacam ini, biasanya semuanya aktif dan ingin berbicara, termasuk anggota di grup saya.

Berebut bicara dengan orang Amerika pakai bahasa Inggris sudah pasti kalah telak. Makanya, waktu itu saya lebih banyak diam dan mendengarkan.

Situasi ini sudah saya tebak sebelum berangkat. Jadi, saya beritahu diri jangan terlalu banyak bicara nanti. Banyakkan mendengar. Cukup berbicara dua tiga kali, tetapi berisi.

Singkat cerita, di malam hari kelima, sedang hangatnya diskusi, salah satu anggota nyeletuk,

”Wow, Budi punya 3000-an followers di Facebook..!!”

“Really?!”

Tiba-tiba, perhatian tertuju ke saya. Mulailah berbagai pertanyaan diberikan.

Saya jelaskanlah tentang Sekolah TOEFL, buku-buku yang sudah saya tulis, beserta latar belakang pendidikan. Malam itu saya melihat wajah mereka berubah drastis, dan keesokkan harinya terasa perlakuan yang berbeda. Sepertinya, diskusi malam itu sudah menyebar, sampai hari ini saya dapat undangan untuk berbicara di acara LeadTalk, versi TED Talk untuk kepemimpinan.

Kawan, yang enak itu, kita diam-diam saja berusaha siang dan malam. Tidak perlu mengumbar kata sana sini tapi usaha nol besar. Nanti, biarkan hasil usaha kita yang berbicara.

“Baru kemarin dengar lanjut studi S2 di Inggris. Sekarang, sudah di Amerika aja kamu, Bud.”

Ah, itu rasanya enak sekali ketika orang lain tahu kita punya prestasi tanpa kita memberi tahu, hee..

Cukupkan bicaranya, lalu maksimalkan usahanya. Apalagi bagi yang tengah dalam perjuangan meraih beasiswa studi ke luar negeri, prosesnya panjang dan lama. Butuh kesabaran, tahan euphoria kegembiraan sebelum semua proses sudah pasti berakhir; visa sudah ditangan..

Berbicara itu mudah, tapi diakhir apa yang sudah kita lakukanlah yang membuat perbedaan.

Yuk, semangat..!! Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Line ID: @zux2328h | Twitter @01_budi