Posted in Pertanyaan

Waktu Sudah Mepet, Gimana Kalau Surat Rekomendasinya dari Atasan/Kolega saja?

  • Pertanyaan:

Hai pak budi, kebetulan sekali saya baru mendapatkan info mengenai beasiswa chevening.. dan ternyata saya hanya memiliki waktu pengiriman berkas persyaratan (surat rekomendasi 2 orang, ijasah dan transkrip, passport, dan pilihan 3 jurusan di universitas di UK) paling lambat adalah tanggal 3/4 November 2016 ini..

Dikarenakan informasi yang saya terima tersebut sangat telat, akan tetapi saya benar-benar ingin mencoba peruntungan atas impian saya untuk dapat kuliah dengan biaya full beasiswa dari LN melalui chevening tersebut.

Dan kebetulan saya ingin apply master degree lagi dengan jurusan berbeda yang sebelumnya saya telah melewati pendidikan S1 di bidang manajemen, dan baru saja menyelesaikan S2 di bidang manajemen syariah di april 2016 lalu. Sedangkan bidang baru yang ingin saya apply ini adalah IT (software, hardware, maupun robotic).

Yang ingin saya tanyakan adalah,

1. Kira-kira apabila saya mencantumkan 2 surat rekomendasi dari 2 orang IT expert dengan gelar head of IT dept. head (dari 2 perusahaan tempat saya pernah bekerja) dapat menjadi pertimbangan chevening untuk menerima saya atau tidak ya? Soalnya kan saya tidak ada kenalan dosen di bidang IT.

2. Kira-kira saran dari pak budi apa ya yang perlu saya siapkan atau saran lainnya dikarenakan waktu yang sudah injury time seperti ini?

Anyway, thanks ya pak atas sharing dan jawabannya.

Regards,
FRI

Jawaban Budi:

Hi Ryan. Terima kasih untuk pertanyaannya.

Bila merujuk pada website chevening bagian references ada penjelasan siapa yang bisa menjadi referee:

” Who can be a referee? Please select your referees carefully; they should be people who can comment on your general suitability to receive a Chevening Award. Referees should be known to you, either in an academic or professional capacity. They should not be a relative or close personal friend.” (Ini link lengkapnya: Surat Rekomendasi)

Artinya, pemberi surat rekomendasi bisa yang mengenal anda secara akademik atau di bidang profesional anda (pekerjaan). Jadi, kalau anda mau menggunakan 2 surat rekomendasi dari atasan atau mereka yang kenal anda secara profesional, jawabannya bisa.

Idealnya, referees kita ada yang pembimbing akademik dulu dan atasan sekarang kalau diminta 2 surat rekomendasi.  Tetapi, dalam kondisi Ryan, silahkan dicoba saja.

Perlu diingat, proses seleksi chevening ini nanti ada fase kita harus melamar sendiri ke kampus di Inggris. Nah, disaat proses inilah surat rekomendasi juga dikirimkan ke kampus bersangkutan, karena salah satu persyaratan melamar ke kampus di luar negeri biasanya.

Apakah kalau Ryan punya 2 surat rekomendasi semuanya dari atasan atau kolega akan berpengaruh terhadap aplikasi Ryan? Menurut saya tidak terlalu kalau yang dimaksud hal yang negatif. Justru kalau yang beri surat rekomendasi atasan dan kolega yang punya jabatan dan track record bagus, surat rekomendasinya lebih bagus.

Tetapi, nanti kalau sudah masuk fase melamar ke kampus di Inggris, usahakan ada surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/akademik dahulu, karena kampus yang dituju ingin melihat bagaimana performa anda saat studi sebelumnya.

Saran saya, maksimalkan persiapan semua aplikasinya, sepert surat rekomendasi, sertifikat IELTS, dan yang lainnya. Setelah semua sudah siap, esai-esai singkat dalam aplikasi (online) usahakan dijawab dengan baik, koreksi dan edit beberapa kali, jangan sekali duduk selesai dan kirim, karena ini yang salah satu menentukan – mereka melihat kualitas anda melalui esai-esai ini.

Semoga sukses! Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Twitter @01_budi | FB Page: sdsafadg

Advertisements

2 thoughts on “Waktu Sudah Mepet, Gimana Kalau Surat Rekomendasinya dari Atasan/Kolega saja?

  1. Terima kasih banyak atas jawaban dan bantuan sarannya pak budi.. sangat bermanfaat.. saya izin bertanya2 lagi apabila menemui kesulitan dalam proses lainnya ya.. hehe 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s