Bisakah Ambil Jurusan S2 yang Berbeda dengan S1 di UK dan USA?

  • Pertanyaan:

Halo assalamualaikum kak budi.

Terimakasih telah membuatkan sarana untuk bertanya bagi kami yang bermimpi melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. Semoga semua kebaikan yang kak budi lakukan untuk kami, scholarship hunters diterima oleh Allah SWT aamiin.

Sebelumnya saya sudah bertanya melalui fb messengger, tapi hingga saat ini, saya belum mendapatkan balasan. Namun saya memaklumi, mungkin ada ribuan pesan di inbox kak budi, sehingga pertanyaan saya terlewat dan belum terbaca.

Kak budi, saya tertarik sekali dengan bahasa Inggris sejak SMA. namun karena ada beberapa hal, saya tidak kuliah di jurusan sastra inggris. Background s1 saya adalah kesejahteraan sosial. Nah, yang saya ingin tanyakan adalah apakah bisa saya melanjutkan S2 ke luar negeri melalui beasiswa dengan jurusan sastra inggris? Beberapa waktu yg lalu saya mengirimkan pertanyaan lewat e-mail kepada seseorang lulusan Monash university (australia) jurusan penerjemahan. Pertanyaan yang saya ajukan kepada beliau sama seperti pertanyaan yang saya ajukan ke kak budi. Dan beliau menjawab, tidak bisa. biasanya untuk beasiswa s2, harus linear dengan S1. Bagaimana dengan beasiswa di UK atau US kak? Apakah S2-nya harus linear dengan S1? Semoga kak budi berkenan menjawab pertanyaan saya:) wassalam

Hana Sofi Dania_Bandung_STKS Bandung_

  • Jawaban Budi:

Hi Hana. Terima kasih untuk pertanyaannya.

Pertama, pahami terlebih dahulu kalau setiap beasiswa dan setiap kampus itu bisa berbeda kebijakan dan hal-hal lain terkait, jadi kita tidak bisa “memukul rata” kalau semua beasiswa itu seperti “ini”, dan semua kampus di luar negeri seperti “itu”. Kita harus tetap eksplor dan memastikan langsung ke pihak beasiswa atau pihak jurusan yang akan dilamar itu agar mendapatkan jawaban yang pasti ya. Hal ini penting karena saya lihat kebanyakkan kita hanya “dengar kata orang”, misal katanya begitu kak, atau katanya begini kak, tanpa mau mengecek langsung dengan sumber utamanya; ini yang terkadang saya sangat sayangkan.

Kedua, bisakah lanjut studi ke Inggris atau Amerika dengan beasiswa tapi di jurusan yang berbeda dengan S1 dahulu?

Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman saya:

  • Jawabannya BISA, jika si pelamar punya pengalaman yang sejalan dengan jurusan yang akan diambil itu. Misal, mau ambil jurusan Sastra Inggris. Walaupun S1-nya jurusan ekonomi misalnya, tapi sejak lulus dia kerja sebagai guru bahasa Inggris, kerja sebagai penerjemah, aktif di berbagai organisasi terkait bahasa Inggris, ada paper tentang bahasa Inggris, ada prestasi terkait bahasa Inggris dan lain sebagainya. Dalam kondisi ini, biasanya pihak kampus di luar negeri atau pun pihak beasiswa lebih melihat pengalaman si pelamar ketimbang apa yang dipelajarinya saat S1 lalu.
  • Jawabannya TIDAK BISA, jika jurusan yang dituju adalah jurusan yang dianggap harus memiliki latar belakang S1 jurusan tersebut agar bisa mengikuti perkuliahan S2 nanti. Biasanya, ini jurusan-jurusan seperti MBA atau tekhnik. Tetapi, lagi, setiap beasiswa dan jurusan di kampus-kampus bisa berbeda kebijakannya. Seperti kebijakan di Monash University bisa jadi berbeda dengan kampus-kampus lain di Australia, jadi jangan berpikiran semua kampus dan jurusan Sastra Inggris di Australia semuanya seperti itu. Sepengetahuan saya, sekarang tidak terlalu banyak kampus atau beasiswa yang melihat jurusan S1-nya. Mereka lebih melihat “bagaimana pengalaman yang sudah dimiliki oleh si pelamar”. Silahkan baca e-books gratis untukmu scholarship hunters di blog ini lengkapnya ya. Tapi, lagi, cek langsung ke jurusannya; kirim e-mail ke mereka.

Menurut saya, pihak beasiswa dan kampus-kampus diluar lebih melihat “pengalaman” yang dimiliki si pelamar – serelevan apa pengalaman-pengalaman yang dimiliki si pelamar dengan jurusan yang ingin mereka ambil saat S2. Singkatnya, kalau S1nya berbeda, lalu tidak punya pengalaman terkait dengan jurusan yang akan diambil saat S2; terus apa yang bisa menjadi indikator kalau si pelamar ini sudah punya “bekal” untuk menjalankan studi S2 di jurusan itu nanti? Makanya, tidak linear biasanya bisa ditoleransi, tapi harus ada pengalaman terkait dengan jurusan yang akan diambil itu.

Semoga bermanfaat. Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Twitter @01_budi | FB Page: sdsafadg

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s