Lagi Nyari Beasiswa Studi ke Luar Negeri Tanpa TOEFL? Ini Bisa Membantumu

Salah satu keluhan yang banyak saya terima dari teman-teman yang sedang berjuang memenangkan beasiswa studi ke luar negeri adalah sulitnya menguasai dan mendapatkan skor yang tinggi di TOEFL. Kesulitan ini pun masih berkisar di TOEFL ITP, belum masuk ke TOEFL IBT dan IELTS.

Nah, beberapa waktu lalu, salah satu siswa Sekolah TOEFL bercerita ke saya kalau dia berhasil mendapatkan beasiswa melanjutkan studi S2 di salah satu negara di Eropa. Dan ternyata, TOEFL tidak menjadi salah satu syarat dari beasiswa ini, ungkapnya.

Setelah itu, ada siswa lainnya yang memberitahu saya kalau beasiswa yang didapatkannya juga tidak meminta TOEFL. Nah, lo!

Akhirnya, saya putuskan untuk menuliskan informasinya di blog ini. Selain informasi tentang beasiswa yang dimaksud, saya juga berikan kontak siswa yang berhasil mendapatkan beasiswa tersebut agar teman-teman bisa bertanya dan berdiskusi langsung dengan mereka. Tetapi, ingat ya, sebelum bertanya, pastikan sudah eksplor dan baca dahulu informasi tentang beasiswa di website yang diberikan.

Berikut daftar beasiswa studi ke luar negeri yang tidak meminta TOEFL:

1. Beasiswa studi ke Polandia

Nama beasiswa ini adalah Ignacy Lukasiewiez Scholarship Programmer untuk lanjut studi S2 dan S3. Beasiswa ini tidak meminta TOEFL dan IELTS, tetapi proposal thesis saja. Kecuali tiket pesawat, beasiswa ini membiayai semua. Menurut saya ini lumayan.

Silahkan baca informasi lengkap tentang beasiswa ini di halaman website ini: Beasiswa Polandia

Jika tertarik dengan beasiswa ini dan butuh tempat bertanya dan diskusi, anda bisa coba menghubungi akun Instagram:  @ellisa_na

2. Beasiswa studi ke Cina

Beasiswa dari pemerintah Cina ini kuotanya cukup banyak. Tahun ini ada sekitar 215 awardee yang diumumkan. Ada sekitar 3 siswa Sekolah TOEFL yang memberitahu mendapatkan beasiswa ini.

Saya berikan kontak siswa dibawah ini. Silahkan diskusi dengan mereka bila ingin tahu lebih jauh. Beasiswa ini ditawarkan setiap tahun dan ada beberapa prosedur yang bisa dipilih untuk diikuti. Ada pelatihan bahasa Cina yang dibiayai juga.
Silahkan baca informasi lengkap tentang beasiswa ini di halaman website ini: Beasiswa Cina

Note: Syarat IELTS di website itu hanya bersifat optional menurut siswa yang mendapatkan beasiswa ini.

Jika tertarik dengan beasiswa ini dan butuh tempat bertanya dan diskusi, anda bisa coba menghubungi akun Instagram: @habibtwhidayat atau @rengganis_ayu

Nah, itu dulu info dari saya buat teman-teman yang sedang mencari opsi beasiswa studi ke luar negeri tanpa TOEFL. Saya yakin, ada beberapa beasiswa lagi yang juga tidak meminta TOEFL sebagai salah satu persyaratan melamar.

Tetapi, pesan saya, tetap diingat kawan, bahwa anda harus tetap terus memperbaiki kemampuan bahasa Inggris, karena ini bahasa Internasional. Setidaknya jurnal, buku, serta berbagai koneksi akan menuntut kita bisa berbahasa Inggris bila levelnya internasional.

Pada akhirnya nanti, saya yakin, anda tetap harus belajar dan bisa menguasai bahasa Inggris, setidaknya untuk keperluan studi atau akademik.

Yuk, bersama kita mendesain masa depan yang lebih baik. Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Line ID: @zux2328h | Twitter @01_budi 

Advertisements

6 Comments

  1. Terimkasih mas.. Saya ingin tanya.. kapan sekolah inggris dibuka ya mas ?  Saya masih sulit memahami sekolah tofel.. Terimakasih.. 

    Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s