Jobdes Koordinator Sahabat ST

Halo semua..

Pertama, saya mau mengucapkan terima kasih banyak sudah mau membantu saya dan teman-teman kalian lainnya yang akan belajar di Sekolah TOEFL ini. Semoga apa yang dilakukan ini dinilai ibadah oleh Tuhan dan memberikan keberkahan untuk kehidupan kalian semua di masa depan.

Kedua, tujuan dari inisiasi adanya Sahabat ST ini adalah agar siswa Sekolah TOEFL tahu dan kenal dengan teman-temannya yang satu daerah, satu kampus, atau pun satu profesi. Bisa berkumpul dan saling menyemangati dalam proses pembelajaran. Sengaja saya pilih momennya ketika pendaftaran siswa baru periode 4 agar siswa Sekolah TOEFL yang lama juga dapat membimbing siswa yang baru dalam beradaptasi dengan sistem belajar di Sekolah TOEFL.

Ketiga, kalau misalnya ternyata ada banyak Sahabat ST dibagian yang menjadi tanggung jawabnya dan dibuat grup, grup ini silahkan digunakan Koordinator Sahabat ST untuk memaksimalkan proses pembelajaran di Sekolah TOEFL. Tetapi, grup ini tidak akan menjadi grup belajar WA Sekolah TOEFL ya. Kalau Grup belajar WA Sekolah TOEFL nanti tetap saya yang mengurusnya bersama CA dan MA.

Keempat, saya jelaskan saja ya jobdes sebagai Koordinator Sahabat ST:
1. Memaksimalkan penyebaran informasi tentang Sekolah TOEFL pada daerah, kampus, atau profesi yang menjadi tanggung jawabnya, seperti informasi tentang pendaftaran siswa baru periode 4 yang sedang dibuka sekarang.

2. Mengkoordinir Sahabat ST yang berasal dari daerah, kampus, atau profesi yang menjadi tanggung jawabnya, bisa dengan membuat grup di WA dan lain sebagainya. Untuk siswa yang baru, sekitar 2 bulan diawal ini, pastikan mereka memahami sistem belajar di Sekolah TOEFL, terutama tentang kewajiban siswa.

3. Setelah tugas pertama dan kedua dilaksanakan, untuk selanjutnya silahkan Koordinator Sahabat ST menangani grupnya masing-masing. Mungkin nanti ada muncul ide-ide tertentu yang ingin dilakukan atau semacamnya, silahkan saja. Tujuan lain dari inisiasi Sahabat ST ini juga agar siswa Sekolah TOEFL berkumpul dan bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Ingat filosofi sapu lidi; satu tangkai lidi tidak bisa membersihkan halaman yang kotor, tetapi ketika disatukan dengan tangkai-tangkai lidi yang lain, membersihkan halaman yang kotor akan terasa lebih mudah dan cepat.

4. Saya koordinasi hanya dengan Koordinator Sahabat ST yang ada di Grup WA. Nanti, koordinator yang menyampaikan pada Sahabat ST yang menjadi tanggung jawabnya. Koordinator Sahabat ST juga memberitahu saya kalau ada perkembangan apapun dengan Sahabat ST yang menjadi tanggung jawabnya. Koordinator Sahabat ST bisa kerjasama dengan siswa Sekolah TOEFL yang lama dalam mengkoordinir Sahabat ST.

5. Mengurusi grup atau sekelompok orang tidak mudah. Kita harus paham perbedaan-perbedaan, seperti agama, karakter, tujuan, latar belakang, pekerjaan, dan lain-lain dari para anggota. Harus pandai membaca situasi dan mengarahkan. Berhati-hati juga jangan sampai grup yang dibentuk malah digunakan untuk hal-hal lain selain untuk memaksimlakn proses pembelajaran di Sekolah TOEFL dan pengembangan diri.

Mungkin itu saja tugas Koordinator Sahabat ST untuk saat ini. Saya sengaja membuat nama-nama koordinator Sahabat ST di blog agar nanti siswa lain yang mau berkunjung dan bersilaturahmi bisa menghubungi langsung.

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Line ID: @zux2328h | Twitter @01_budi | BBM 58B28E56

 

 

Advertisements