Tanya Budi

Bagi yang ingin bertanya tentang materi TOEFL atau yang berkaitan dengan meraih beasiswa studi ke luar negeri, silahkan tinggalkan komen dibawah.

Format pertanyaan: nama_asal atau tempat tinggal_tempat studi atau kerja_ pertanyaan.

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | BBM 58B28E56 | Line ID: sdsafadg | Twitter @01_budi | Instagram: sdsafadg

317 thoughts on “Tanya Budi

  1. Fanny_NTT_Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur_Terimakasih mas sudah menyediakan space buat kami bertanya. Saya lulusan 2014 dari institusi yang akreditasinya masih C. Saya mengenal seorang profesor di kampus tersebut namun sekarang sudah pensiun. Saya tidak bisa mengajukan permohonan rekomendasi sekarang karena persyaratan untuk mengajukan izin kuliah lagi bagi seorang PNS adalah minimal mengabdi 4 tahun. Yang saya mau tanyakan adalah, apa saya boleh meminta rekomendasi dari profesor lain yang saya kenal dalam sebuah kegiatan? dan point lain apa dari persyaratan mengajukan beasiswa yang bisa saya maksimalkan untuk menutupi kekurangan yang tidak bisa saya kendalikan seperti akreditasi kampus? terimakasih mas 🙂

    Like

    1. Hi Fanny. Boleh. Jadikan salah satu dari tiga atau dua dari surat rekomendasi yang diminta oleh pihak beasiswa. Tapi, usahakan salah satu yang lain dari seseorang yang cukup lama mengenal Fanny, misal dosen yang mengajar dulu, kalau yang ini pensiun, cari yang lain, atau atasan tempat kerja.

      Liked by 1 person

      1. Kak budi, week 1-2 tdk bisa saya buka..
        sudh saya masukin password nya 5B jg ngk bisa..
        mohon bimbingan nya kak.. supaya saya bisa buka week 1-2

        Like

    2. Assalamualaikum mas Budi, perkenalkan nama saya Rianny, saat lulusan Universitas swasta di Yogyakarta, jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, lulus Agustus 2014. Saat ini saya sedang mengajar di sekolah swasta Sidoarjo (Jatim). Saya ingin sekali melanjutkan study S2 ke luar negeri. Akan tetapi saya belum mendapatkan info tentang penerima beasiswa S2 yang backgroundnya sama seperti saya. Mohon bantuannya, terima kasih.

      Like

    3. HelloMr. Budi Waluyo
      Please inform to me…for download handbook ..i already input your pasword F 1 but can not open..i already try agan but same can not open…
      How i can follow learn TOEFL this..

      i need inform from you..soonest
      Thanxs

      Like

    4. Assalamualaikum Pagi ka, saya syarifatunnisah, asala tangerang, saya masih kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang, ka saya mau bertanya. Untuk group whatsapp saya belum masuk. Padahal saya sudah daftar dari perpertama ada informasi tersebut. Seblumnya maaf mengganggu dan terimakasi ka.

      Like

    5. assalamualaikum mas budi saya sindi wulandari, asal situbondo kuliah dimalang universitas islam malang , saya masih sangat bingung bagaimana cara yang palig mudah untuk kuliah diluar negeri , karena dibangku kuliah memang dosen sering membahas kuliah luar negeri tapi saya masih belum paham cara tembus kesana. dan saya sempat membaca artikel diblog panjenengan tapi saya sukar memahami kata-katanya soal diluarnegeri dan diindo jurusan yang diambil sangat berbeda . mohon bimbingannya.

      Like

      1. Fanny_NTT_Dinkes Kab Sumba Timur. Maaf kak saya lupa nulis identitas 😀 Terimakasih ya kak, masalah status kampus ini bikin galau 😦 Tulisan dari kak semuanya sangat memotivasi dan bagus sekali. Akan ditunggu pastinya kalo kak ada waktu buat nulis tentang topik ini 😀

        Like

  2. Rikky_Bandung_PT.LAPI ITB
    Saya mau bertanya mas, walaupun dalam keterangan tugas itu kita kerjakan tanpa dikumpulkan dan tanpa batas waktu, tapi apaboleh kita mempelajari dan mengerjakan exercise pada hari H pas temu online? tapi kalo pas hari H nya gtu saya rasa agak kurang nempel mas semua penjelasan nya soalnya, saya agak terkendala masalah waktu dikarenakan kondisi saya yg baru lulus smk kemarin langsung kerja sehingga agak repot me manage waktu, maka dariitu saya ikut toefl online ini agar bisa lebih teratur lagi waktunya mengingat dalam waktu dekat ini saya harus mengejar masuk kuliah walaupun sambil bekerja jadi mohon saran nya mas budi? terimakasih banyak sebelumnya

    Like

      1. oke siap mas, satu lagi terimakasih banyaaaak walaupun 2x pertemuan kemarin saya masih agak bengong karna emang saya belum paham juga, tapi biarpun diem asal menyimak semuanya alhamdulilah dikitdikit saya ngerti jadi bisa ikut nyeletuk diskusi walaupun sekalisekali hehe

        Like

  3. Fanny_NTT_Dinkes Kab. Sumba Timur. Makasih Mas Budi, maaf saya lupa nulis identitas kemarin :D. Ok Mas Budi, sangat saya harapkan tulisannya mengenai lulusan univ swasta yang berhasil dapat beasiswa, karena saya kepikiran sekali saya yg lulusan swasta ini bisa apa nggak. hehee 😀

    Like

  4. Wulan_Bengkulu_Poltekkes Kemenkes Bengkulu
    Kak Budi, Wulan minggu kemaren belum ngumpulin tugas Exercise 1 dan 2. Jadi, sebelum jam 20.00 nanti Wulan mesti ngumpulin Exercise 1, 2, 3, dan 4 atau cukup ngumpulin Exercise 3 dan 4 aja, kak?

    Like

  5. Adi_Bandung_Universitas Telkom
    kak budi saya dari jurusan teknik industri, bisa tidak kalau saya inginnya masuk jurusan aeronotika ?

    terus biar kita keliatan menonjol kan katanya harus nambahin kegiatan diluar akademis, kegiatan seperti apa itu ? tolong berikan rincian secara spesifik kegiatan seperti apa atau nama eventnya apa
    terima kasih

    Like

    1. Hi Adi… saya kurang soal jurusan itu. Harus cek langsung ke website universitas dan baca penjelasan untuk masuk jurusan itu. Soal kegiatan, bisa semianr, organisasi, workshop, pelatihan, dan lain-lain. DI bagian beasiswa- aplikasi beasiswa di blog ini ada e-book gratis tentang meriah beasiswa. Baca aja.

      Like

  6. Assalamu’alaikum. saya mau bertanya tentang exercise 4, saya masih bingung yg nomor 8 dan 9.

    8. Any students desiring official transcripts should complete the appropriate form.

    kenapa should complete itu jadi verb?

    9. The advertisements were announcing the half-day sale received a lot of attention

    kenapa received jadi verb? bukankah di skill 5 disebutkan bahwa V3 akan jadi verb jika didahului oleh have atau be?

    Mohon penjelasannya Kak. Terimakasih 🙂

    Like

  7. Halo mas, saya tina lagi daftar program S3 . saya sedang ngebut mempersiapkan ELTP untuk ujian tanggal 27 Juni. Kebetulan saya menemukan website ini dan langsung mempelajari tiap skill nya. Hanya untuk jawaban karena tidak ada saya tidak tau apakah yang saya kerjakan benar atau tidak. Saya tanggal 13 juni lalu ikut test dengan skor 86 syarat yg harus saya penuhi 90. Mohon bantuanya ya mas kalo tidak keberatan saya minta jawaban untuk testnya. Atau mas punya tips singkat menaikan skor dengan waktu terbatas ? terimkasih banyak ya mas.

    Like

  8. assalammualaikum kak budi, saya Exzmy Herawati dari Univ Mulawarman. kak saya mau tanya, menurut tugas belajar mingguan skills 1-5 kan sudah selesai kak, lalu apakah boleh saya minta penjelasan dari kakak, yang tisdak saya mengerti?

    Like

  9. Iya kak, saya ikut. Tapi saya blum pernah temu online kak. Dan juga saya baru baca bahwa tugas tidak dikumpul lagi ya kak? Lalu saya juga sudah tertinggal jauh kak. Dan saya blum mengerti exercise 4-5 kak? Lalu saya uda mngerjakan exercise 1-3 dan kalau mau tau benar salah nya bagaimana kak?

    Like

  10. Assalamua’alaikum mas budi, saya yogi dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka), semester 4, FISIP.
    saya mau tanya tentang surat rekomendasi. di banyak situs terutama fulbright dan chevening surat pendaftarannya harus ada surat rekomendasi. maksudnya surat rekomendasi bagaimana? apakah harus mengikuti prosedur kampus atau hanya meminta kepada dosen yang pernah kita kenal?
    lalu waktu itu saya lihat situs LPDP, salah satu syaratnya adalah LOA, itu bagaimana prosedurnya apakah setiap beasiswa membutuhkan LOA?

    Like

  11. Assalammu’alaikum ka Budi, perkenalkan nama saya Fidah, asal bekasi, baru lulus S2 mtk UI depok tahun ini, saya berencana ingin melanjutkan studi S3 saya di luar negeri dengan mengajukan beasiswa LPDP, namun selain saya terkendala dengan bahasa khususnya TOEFL (rencana ingin belajar bahasa dulu 1 tahun), kendala lainnya adalah IPK saya krg dari 3.25 yang disyaratkan oleh LPDP, tp saya masih bisa mengajukan beasiswa tsb dengan syarat saya sudah mendapatkan LoA dari kampus yang saya minati. Nah, hal yang ingin saya tanyakan adalah bagaimana saya mendapatkan LoA tsb? dan adakah info beasiswa yang tidak terlalu membutuhkan syarat IPK? Klo ada, mohon informasinya. Terima kasih. Salam, Fidah.

    Like

    1. Wlkmslm.. Hi Fidah.. Baca di bagian beasiswa – aplikasi beasiswa. ada artikel ttg cara mendapatkan LOA. Tanggal 9 ini saya ngisi workshop di Uhamka Jakarta tentang cara mendapatkan LOA dan lain.. daftar aja. IPK minimal biasanya 3.0. Baca juga ebook gratis yang ada di blog ini di bagian beasiswa. Nanti dapat pencerahan.

      Like

  12. asslamualaikum kak saya Dinha dari universitas negeri jakarta, saya ingin tanya, ini mengenai pembahasan di skill 4 dan 5 sebenarnya, mengenai present dan past participles, ketika pembahasan di sklh toefl sya blm terpikir tntg ini tapi saya baru memiki pertanyaan ini setelah saya membaca kembali materi pelajaran saya yaitu “adjective with ing and ed + preposition”
    yg ingin saya tanyakan apa perbedaannya dgn present atau past participle karena mereka sama2 adjective, lalu kenapa di “participle” walaupun kata sifat tdk menggunakan to be sdgkan di “adjective with ing and ed” menggunakan to be dan akhiran ed digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau emosi tapi knp di participles tdk sprti itu, terima kasih 😊

    Like

  13. salam kenal ms Budi…
    1. saya mau tanya tentang surat rekomendasi. surat itu apa ada batas kadaluarsa? maksudnya apa terbatas sampai jangka waktu tertentu saja?

    2. mas Budi dulu pernah mencoba apply beasiswa LPDP?

    terima kasih

    Like

  14. selamat sore, mas saya mau tanya, kalo dari jurusan manajemen dan bisnis, beasiswa yang cocok itu lembaga scholarship apa ya? terimakasih

    Like

  15. saidfatkhan_bandaaceh_mahasiswabaruunsyiah_ jika saya mau melanjutkan studi ke manchester of university apa saja yang harus saya lakukan bg?

    Like

  16. asslmu’alaikum bang budi, saya rima_bengkulu_universitas airlangga surabaya
    bang saat ini saya baru mempersiapkn mmpi mndapatkn scholarship untk 2,5 tahun kdapn. namun smpai skrg saya masih kesulitan mencari informasi universitas yg mmbuka pluang pd jrusan kebidanan & tdk mminta LOA didpan. bagaimana cara mmulai untuk pncrian ini bang?? trimkasih

    Like

  17. Halo Mas Budi. Selamat siang, saya Glenysz seorang mahasiswi. Untuk pendaftaran siswa TOEFL atau IELTS kapan lagi periode buka nya? Saya mau mendaftar 😀 Terimakasih.

    Like

  18. Assalamualaikum saya Deni asal dari kuningan jawa barat dan saya sedang kuliah di universitas muhammadiyah jakarta. Oh iya mas saya mau tanya emang kalau kita ingin melamar beasiswa S2 ke luar negeri apakah di lihat juga dari akreditasi kampus asalnya waktu S1 atau kampus favorit di indonesia nya?

    Like

  19. assalamu’alaikum kak budi, saya wening, saya mahasiswa DIII Radiologi di Poltekkes Kemenkes Semarang, saya berencana mengambil beasiswa monbukagakusho yg diadakan di setiap univ di jepang , tapi peraturan di sana mengatakan bahwa diploma tidak boleh lanjut(sarjana) ke univ kecuali mengulang dari awal, jadi mau tidak mau harus ambil S1 di indo bukan di jepang, yang saya ingin tanyakan :
    1. maaf bukan maksud membanding-bandingkan, beasiswa monbukagakusho lebih sulit didapat dari beasiswa lainnya?
    2. di indonesia D4 dan S1 kan setara , kalo di jepang setara tidak ya kak? mengingat diploma tidak bisa lanjut (transfer) ke Sarjana, kalo di jepang bisa setara jika saya mengambil D4 di indo maka di jepang saya bisa langsung ke S2,

    terima kasih,

    Like

  20. Asslm pak budi…saya perserta baru di sekolah toefl…saya blm tau buku apa yang dipakai pak…mohon infonya…segera ya krn saya bener2 ingjn meningkatkan score toefl saya..terima kasih

    Like

    1. Wlkmslm. Linna kemana aja? Kelasnya sudah jauh berjalan dan semuanya dijelaskan di FB Grup. Cek di postingan2 di FB Grup dan baca bagian Sistem Belajar di bagian Sekolah TOEFL di Blog ini.

      Like

  21. Assalamualaikum,
    ms Budi, saya lulusan S1 pend fisika tahun 2014. saya skrg mengajar di sma swasta di kota saya, krg lbh ada pengalaman mengajar 1 tahun skrg. saya ingin segera melanjutkan S2 di bidang yg linier. tips cara efektif utk mendapatkan beasiswa dg posisi sya skrg ap ya ms?
    terima kasih

    Like

  22. Hai kak Budi.Salam kenal kak, saya Novia, sekrang msh jdi Mhsswa smstr 5 di Universitas Palangkaraya, Jurusan Pend. Bahasa dan Seni. Walaupun sya msh smstr 5 tpi sya sudh brusaha mnggali bebrpa informasi mngenai beasiswa untk S2 di slh 1 Universitas di Amerika. Yg ingin sya tanyakan kak, untuk jrusan sperti saya apakah tersedia di sana dan universitas mana kak yg mnyediakannya? dan biasanya kita memulai dri kpan untk mngtahui informasi pendfatran walaupun nanti sudh mndkti smstr akhir dan blm resmi lulus S1 apakah sudh mulai bsa mndftar kak? Tks kak.

    Like

    1. Hi Novia. Browsing aja, tulis nama universitas, buka websitenya. Di websitenya lengkap tentang semua jurusan yang ada berikut penjelasan rincinya. Bisa juga lihat di website universitas tentang tanggal pendaftaran mahasiswa baru. Harus lulus S1 karena melampirkan ijazah.

      Like

  23. Assalammualaikum… Salam kenal kak Budi, ini dengan Sunirah. Saya sudah lulus S1 tetapi saya belum terlalu bisa bahasa inggris.. Untuk belajar bahasa inggris dengan kaka bgaimana caranya.. mulai dibuka pendaftaran laginya kapan ka?’
    Nuhun… 🙂

    Like

  24. Ass pak budi.
    Perkenalkan nama saya dini.sekarang saya sedang kuliah di perguruan swasta islam di padang sekarang smt 3..jurusan pendidikan agama islam
    Saya berencana s2 di luar negri.tapi saya ragu..apakah lulusan swasta islam berkemungkinan bisa dapat beasiswa s2 luar negri..
    Kemudian.saya pernah baca blog bapak ttg persyaratan beasiswa s2 yang bagian: publikasi dan rencana penelitian masa depan itu maksudnya yg bagaimana..
    Kemudian.untuk pengalaman kerja yg bapak sebutkan itu pekerjaan yang bagaimana? Apakah harus bekerja dibagian pendidikan atau bagaimana pak?
    Terimakasih sblmnya pak.
    Wassalaam.

    Like

  25. Assalamualaikum . Salam kenal kk budi . Nama sy riska saat ini masih kuliah semester 5 di universitas swasta di makassar .

    Sy ingin mengikuti jejak kk budi dmna msh fresh graduate sdh langsung menerima beasiswa . Saat ini sy sedang gencar2 mencari informasi beasiswa dn sy benar2 tertarik untk apply beasiswa IFP ford foundation . Kira2 dibeasiswa itu yg paling dipertimbangkan apa yah kak ? Mengingat sy jg dri univ swasta , tetapi sy cukup baik dlam IPK dn organisasi sdh lumayan bnyk jg mndaptkan penghargan2 . tnggal toeflNya aja lgi belajar keras kak . Sy sdh cek di website IFP tpi contoh fprmulirnya tdk ada . Bisa tolong bantu kebingungan sy ini nda kak 😦 ?

    Like

  26. Assalamualaikum,wr,wb
    mas budi kenalkan saya devi vitriana, kuliah semester 7 …
    pendaftaran sekolah TOEFL nya kapan dibuka mas?
    apakah setelah ikut sekolah TOEFL ada tes TOEFL yang untuk mnjadi persyaratan S2 mas?

    Like

  27. Assalamu’alaikum mas budi, saya yogi dari UHAMKA Semester 5. Mas saya dapet info sekolah toefl inj akan di buka lagi? Saya pernah ikut sekolah ini, tapi saya ternyata masih belom istiqomah dan manajemen waktu yang buruk. Saya ingin ikut lagi, kapan ya buka lagi?
    Mohon jawabannya, terimakasih sebelumnya.
    Wassalam

    Like

  28. Assalamualaikum.. Salam kenal..

    Saya lulusan DIII Keperawatan. dan karena suatu kecelakaan Saya menjadi seorang penyandang disabilitas dengan menggunakan wheelchair dan harus berhenti dari profesi Saya sebagai seorang perawat.

    Alhamdulillah skrg Saya telah bekerja kembali di Instansi Pemerintahan. Saat ini Saya ingin sekali melanjutkan pendidikan. Apakah ada informasi beasiswa bagi penyandang disabilitas dengan latar pendidikan Saya yang DIII Keperawatan??

    Mohon petunjuk dan informasinya. Terima kasih…

    Like

    1. Wlkmslm. Hi susanevita… kalau beasiswa yang di sponsor pemerintah luar negeri, misal Fulbright, Chevening dll, orang yang diabled maupun tidak, sama bagi mereka, tidak ada diskriminasi. Jadi bisa ikut daftar beasiswa2 ini. Hanya agak jarang yang menyediakan beasiswa dari D3 ke S1, kebanyakkan memberikan beasiswa S2.

      Like

  29. Assalamu’alaykum Kak nama saya Yeni Muly Yana asal dari Universitas Bengkulu. Sekarang saya baru semester 3 di jurusan BIOLOGI FMIPA. Dari awal saya masuk kuliah S1 saya sudah punya rencana untuk lanjut S2 keluar negeri. Kebetulan saya mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi, dan ada program pendidikan TOEFL dr universitas khusus untuk mahasiswa bidikmisi. Saya sudah ikut dan hasil skor TOEFL yang saya peroleh masih jauh dr syarat untuk penerimaan beasiswa S2 luar negeri. kebetulan sebelumnya di MA juga ada pendidikan TOEFL, tapi hasilny jg msh segitu segitu juga. Saya bingung dan saya sempat psimis untuk bisa mencapai skor TOEFL 500 keatas. karena saya dr SD udah gak suka dgn pelajaran bahasa inggris. Saya sangat dan sangat ingin sekali bisa melanjutkan S2 keluar negeri, tp saya masih blm bisa dgn bahasa inggris saya. Saya mohon saran dari kak Budi, sebaiknya saya harus bagaimana?

    Pertanyaan ini jg ingin saya tanyakan tapi blm sempat saya tanyakan. Seandainya saya lulus diterima di universitas di luar negeri dgn beasiswa penuh. Saya bisa diterima karena salah satu syaratnya yaitu skor TOEFL 500 keatas, tetapi kemampuan bahasa inggris saya masih kurang. bagaimana dengan pendidikan yang akan saya tempuh jika saya tidak mampu berbahasa inggris dgn baik?

    Oh ya kak, satu lagi hehe
    saya gak punya WA dan saya hanya punya FB, bisakan kalo saya ikut pendidikan TOEFL hanya dr FB?

    Like

    1. Wlkmslm.. nggak ada jalan pintas. Jawabannya: Belajar. Semua yang pandai bahasa Inggris sekarang, dulunya bodoh. Cukupkanlah mengeluh. Kalau memang kita bodoh di bahasa inggris, berarti usahanya haurs lebih ebsar dari kebanyakkan orang. Kita sadari diri. Download aj Wa, gratis.

      Like

  30. Tiara_palembang_Universitas Sriwijaya_ Assalamualaikum mas Budi. Mas saya sudah daftar untuk sekolah TOEFL yang edisi 1 November 2015 saya sudah invite BBM Follow Twitter & IG mas Budi mohon di accept mas dan juga mohon bantuannya ya mas dalam memahami soal TOEFL untuk memenuhi syarat sidang skripsi studi saya di FK prodi ilmu keperawatan dengan score 450. skali lagi mohon bimbingannya ya mas. terima kasih mas

    Like

  31. Assalamualaikum. Mas Budi, perkenalkan nama saya Reska Anugrah Perdana saya alumni Universitas Negeri Padang prodi Pendidikan Biologi lulusan Maret 2014. Sekarang bekerja di salah satu instansi swasta di Payakumbuh, Sumbar. Mas saya ingin melanjutkan s2 bidang pendidikan di luar negeri, saya kesulitan menemukan beasiswa luar negeri untuk bidang pendidikan. Kebanyakan beasiswa menyediakan pilihan studi untuk yang mengambil bidang teknik, IT, Ekonomi, dan Science. Mohon dibantu solusinya mas, terimakasih 🙂

    Like

  32. Assalamualaikum kak budi, nama saya Hesti Wiranota dari UNIB. BENGKULU, prodi pendidikan B.inggris .. kak, saya itu tertarik dengan Turki, ingin lanjut kesana.. menurut kak budi bagaimana? di Turki itu mereka bangga akan bhasa turki, sehingga banyak yg gk bahasa inggris? atau kakak aa rekomendasi nanti ketika dapat s2 disana (hehhee, mimpi dulu), buat ganti jurusan.. seperti “teknologi pendidikan” mungkin atau ambil TESOL, TEFL “gak tau disana ada tidak”?? thanks kak

    Like

  33. Riadul jannah_mataram NTB_ngajar TPA..terima kasih sebelumnya,telah memberikan wadah ini,untk kami bertanya,,”bagaimana cara kita tahu,kita berada dikelas 3 atau 4?dan apakah ada perbedaan orang-orang yang msuk dikelas 3 atau 4 tersebut,baik dari segi materinya atau hal lain?terima kasih

    Like

  34. Putri_JakartaTimur_PT.SHAFCO,

    Assalamualaikum Kak budi,

    Sebelumnya salam kenal kak budi, semoga kak budi selalu dalam limpahan Rahmat Allah SWT.

    Mau tanya kak untuk beasiswa S1 gimana ya kak, aku lulusan SMK Tahun 2010, Mohon informasinya kak, terima kasih

    Like

  35. assalamuálaikum ka budi, izin bertanya apakah semua yang telah daftar di sekolah toefl kemarin dapat mengikuti sekolah toefl? krn saya mendaftar hanya saja belum diundang utk mengikuti sekolah toefl, terimakasih

    Like

  36. assalamualaikum,
    mas Budi, saya yogi mahasiswa S1 di universitas jember. alhamdulilah saya bisa masuk dalam grup belajar toefl, akan tetapi grup yang saya masuki 3 dan 4, apakah saya boleh aktif di kedua grup tersebut? atau harus memilih salah satu?

    Like

  37. halo pak budi. saya dwi, siswa sekolh toefl asal padang. saya ingin bertanya. dalam suatu kalimat biasanya di awali dengan subject dan verb. subject itu dapat berupa object atw orang atau bentuk lainnya. terkait dengan qotd 3 no 6, saya ingin bertanya, kebanyakan jawaban yang muncul adalah B. saya ingin bertanya kenapa jawaban yang muncul B? bukankah seharusnya subject itu dalam bentuk objek atu lainnya. tp jawaban b subject di awali dengan v1+ing. saya inhin bertanya apakah boleh subject di awali dengan verb? mohon penjelasan pak budi karena saya masih bingung. terima kasih atas perhatiannya pak budi.

    Like

  38. Saya Samsul Arifin, murid di sekolah TOEFL 3.
    mas budi saya punya pertanyaan. kenapa no. 8 exercise 2 benar? menurut saya itu salah (8.At the building site the carpenters with the most expensive were given the most intricate work.) coba diperhatikan ‘the most expensive’ phrase itu kurang lengkap. harusnya ada tambahan ‘noun’. namun karena itu tidak lengkap makanya salah. itu menurut pandangan saya.

    Like

  39. Assalamu’alaikum mas budi, saya yayu asal palembang dosen PTS palembang, yang ingin saya tanyakan untuk belajar listening dan readingnya apakah nanti ada?

    Like

  40. Hai ka Budi, saya Sasa. Saya mau tanya, untuk menentukan kalimat itu benar atau salah, harus ada subject dan verb nya.
    Selain itu apakah tense nya juga harus diperhatikan? Dan hal apa lagi ya yg harus diperhatikan? Mohon disertakan contoh kalimat dengan tense nya ya kak.
    Terima Kasih

    Liked by 1 person

    1. Hi Sasa. Ikuti saja per skill pemahamannya. Setiap skill menerangkan apa saja yang perlu diperhatikan. Seperti di skill 1 tentang harus ada subject dan verb. di skill 2 tentang preposiontal phrase dll..

      Like

  41. efita_duri_bogor_ saya mau menanyakan untuk download lembar jawaban toefl prediction 2 dimana ya mas? dan paswordnya apa? kemudian tugas mingguan itu dilihat pada grup fb atau blog ini mas?, karena saya ketinggalan jauh dan masih banyak kebingungan walaupun sudah ada yang saya mengerti proses di sekolah toefl ini.

    Like

  42. Carol_Jakarta_Trisakti_bank swasta_Mas, pas pertama aku baca sharing kamu di Facebook ttg percepatan s2 ke luar negeri, aku termotivasi bgt dan mau nyicil 5 persyaratan yg kamu sebutin. Tapi aku thn 2017 lulus s1 nih mas, dan skrg aku kuliah smbl kerja. Blh minta saran gk mas, gmna caranya aku bsa pnya pengalaman organisasi dan kerja yg banyak kyk yg kamu bilang, sedangkan aku hrs kerja jga. Satu lagi mas, blh tahu rencana penelitian masa depan mas gk? Aku jurusan akuntansi jdi bingung juga btk kontribusi ap yg bsa aku lakuin. Terimakasih banyak mas

    Like

    1. Hi Carol. Sudha baca e-book gratis di blog ini belum? DIbaca aja dulu. Ada juga contoh CV saya lalu yang bisa dilihat pengalaman saya. Ada juga research proposal, study objective dan lain-lain. Eksplor aja dulu blog ini ya.

      Like

  43. Leny_malang
    assalamualaikum mas budi, saya leny dari malang. Saya baru lulus SMA tahun ini dan rencananya tahun depan mau mencari beasiswa ke luar negeri. Saya mau mengikuti sekolah toeflnya mas budi. Tapi kata teman saya pendafarannya ditutup bulan oktober kemarin. Apakah saya masih bisa mengikuti sekolah toeflnya? Mohon konfirmasinya. Terima kasih.

    Like

  44. PUTRI AGUSTINOS_BENGKULU_UNIVERSITAS BENGKULU_ Halo mas Budi, salam kenal sebelumnya. Putri junior mas Budi di EDSA angkatan ’14. Putri sekarang semester 3 dan mau apply UGRAD AMINEF. Salah satu syaratnya TOEFL prediction harus 500, sedangkan putri baru 490-an. Pertanyaan putri:
    1. Putri bermasalah di reading section mas, gimana cara latihan yg baik untuk meningkatkan reading comprehension kita?
    2. Kalau belum jd member sekolah TOEFL bisakah ikut TOEFL prediction test disini mas? Putri mau daftar sekolah TOEFL, tapi setelah baca dan surfing di blog mas baru bisa daftar lg tahun depan ya?
    terima kasih sebelumnya mas. ^^

    Like

  45. Livia_Malang_Mahasiswa UB_ Selamat malam kak Budi., saya mau bertanya mengenai Test TOEFL prediction 3 sudah dibuka kah?, karna dari seminggu yang lalu saya menunggu pendaftarannya tapi saya tidak melihat ada info.. bagaimana ya kak kalo mau ikut Test TOEFL nya?
    Terimakasih,, maaf sblumnya kak

    Like

  46. Cindy_Pamulang_Mahasiswi_Haloo ka Budi, mau tanya ka, di blog kk yg di toefl test ada jadwal toefl prediction test 21-26 desember 2015. Tapi ga ada pengumuman di grup fb. Apa emang belom ada atau emang saya yg kelewatan lagi ya ka?
    Makasi ka Budiii. Sukses dunia akhirat ya kaaa

    Like

  47. Selamat Pagi Pak Budi,

    saya pernah degar dari teman katanya Pak Budi dkk menerima permintaan unduh artikel penelitian di jurnal berbayar? karea saya butuh utk di pekerjaan saya, Pak.

    Ditunggu sekali infonya. Terima kasih

    Like

  48. Perkenalkan saya Kartika dari sumbar, bekerja di BPS, mau tanya bagaimana bisa daftar kembali untuk sekolah toefl periode mendatang? Dulu sempat ikut tp blm aktif. Trmksh

    Like

  49. Kak Budi saya Risty Mahasiswa yang baru lulus akhir tahun 2015 kemarin, Jurusan saya teknik Geodesi dari Univ. Diponegoro. ada 2 hal yg mau ditanyakan :
    1) saya tertarik belajar imu lain, seperti Manajemen SDM atau Manajemen Operasi, tapi tak ada kaitannya dengan jurusan S1 saya, apakah bisa tetap mendapatkan beasiswa?
    2) Banyak dari teman -teman saya yang persiapan IELTS untuk studi ke luar, karena banyak univ di eropa (seperti UK), dan Amerika menggunakan IETS untuk persyaratan, bukan Toefl. Namun untuk biaya test IELTS sangat mahal dan preparationnya pun mahal. Apa toefl benar-benar tidak bisa dipakai? nilai toefl saya masih berkisar 500, tapi alhamdulillah sudah naik di prep 3 kemarin menjadi 530.
    terimakasih kak budi, may Allah always bless you

    Like

  50. Hallo Mas Budi, Selamat Malam.
    Saya Pangestu dari NTT.
    Saya mau daftar beasiswa tahun ini, saya sempat membaca Ebooknya Mas yg berkaitan dengan CV.
    Bolehkah saya meminta Contoh CV bapak sebagai Referenci saya.
    Saya sangat minta tolong.
    Apakah boleh minta emailnya Mas.

    Ini adalah alamat email saya mas,
    pangestukamumut89@yahoo.com

    Like

  51. Riski_Bandung_fresh Graduate

    Assalamu’alaikum mas budi.
    Saya fresh graduate yang ingin melanjutkan study S2 di luar negeri. tapi kendala saya di persyaratan IELTS dan TOEFL. karena beasiswa dan untuk mendapat LOA rata rata persyaratan tersebut diawal. yang saya baca d e-book mas budi sudah termasuk pelatihannya. tapi ketika saya buka beasiswa tersebut sudah tutup ada sarankah beasiswa yang harus saya coba? dan kalo dibolehkan saya minta ID line atau Wa nya mas budi dan minta contoh CV yang baik itu seperti apa
    thanks

    Like

  52. Nana_Pulau Pinang_Karyawati.

    Hi, Kak Budi. Terima kasih telah menyediakan wadah untuk kami kami yang kurang memiliki waktu dan/atau biaya yang cukup untuk ikut les TOEFL yang notabene mahal.

    Mau tanya, Kak. Sekarang ini banyak program beasiswa yang meminta TOEFL IBT dibandingkan PBT. Di Sekolah TOEFL akan mengajarkan yang mana ya Kak? Dan kalau saya tidak salah lihat, materi yang akan diajarkan Sekolah TOEFL: Listening, Reading, Writing, tanpa Speaking, CMIIW. Kalau memang benar tanpa speaking, mohon wejangannya untuk lancar speaking. Yang ketiga, Kak, apakah nanti semua peserta baru Sekolah TOEFL berada di start yang sama atau bagaimana ya?

    Like

  53. assalammualaikum mas Budi, saya Enda dari Bengkulu, saya tamatan D3 kebidanan poltekkes kemenkes bengkulu tahun 2011.
    sebelumnya, saya sudah mendaftar sekolah TOEFL yang terbaru ini (4B), saya sangat antusias sekali adanya sekolah TOEFl ini. saya sangat mencintai bahas inggris, akan tetapi kendala saya dari dulu adalah tidak ada ruang untuk belajar dan saya yang hidup dalam lingkungan yang menganggap bahasa inggris tidaklah penting. sekarang bahasa inggris saya sudah sangat menurun sekali,,banyak vocab yang saya lupa karena saya tidak rajin berlatih,, saya sangat kurang dan belum mengerti dalam menerapkan simple past tense. saya mohon bimbingannya dari mas Budi dalam sekolah Toefl ini.
    dan maaf mas, saya mau bertanya banyaknya beasiswa luar negeri yang ditawarkan untuk program min S2, apakah ada program beasiswa dari D3 untuk lanjut ke S1? dan setelah saya banyak browsing, sebagian besar program beasiswa luar negeri yang ditawarkan adalah beasiswa dari segi pendidikan,politik, ekonomi dan teknik., apakah beasiswa ke luar negeri ada untuk kesehatan khususnya kebidanan? dan sepengetahuan mas Budi, negara mana yang recommended untuk melanjutkan studi kesehatan? atau apakah mas Budi punya website atau sejenisnya dimana saya bisa mencari tau program beasiswa ke luar negeri untuk tenaga kesehatan? maaf mas Budi mungkin karena saya masih sangat gaptek dan awam untuk bisa memulai darimana saya mencari informasi beasiswa ini..trims mas Budi sebelumnya..mohon konfirmasinya.

    Like

    1. Wlkmslm.. Hi enda. Daftar aja Sekolah TOEFL Periode 4 yang sekarang sedang dibuka, nanti dipelajari. Memang jarang program beasiswa dari D3 ke S1. Ada beasiswa CCIP khusus untuk lulusan D3. Cek aminef.or.id

      Like

  54. Assalamualaikum Pak budi saya ranti dr indramayu saya mahasiswa Unpad. Pertanyaan saya maaf Pak saya mau download file panduan belajar yang ada di situs ini tetapi saya Blum punya passwordnya sehingga saya tdk bisa mendownloadnya. Saya mohon minta tolong kepada Pak budi untuk berbagi passwordnya ato link yg bisa langsung saya download ke Ranti.amandai.ra@gmail.com terima kasih pak

    Like

  55. Assalamualaikum mas budi..
    Saya anisa, fresh graduate dari serang banten..
    Saya baru bergabung dengan sekolah TOEFL periode 4..
    Saya berniat ikut melamar beasiswa tahun ini tapi skor TOEFL saya masih dibawah 500, semoga dengan mengikuti sekolah TOEFL ini skor saya bisa naik ya mas..
    Saya mau bertanya ttg LoA..apakah hanya dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa luar negeri? Bagaimana dengan beasiswa dalam negeri? Apakah ada istilah LoA juga untuk dalam negeri?
    Terima kasih

    Like

  56. Argita Maya Fauzi_Jakarta_Univ. Gunadarma_Kak Budi, saya mau tanya, jika saya ingin kuliah di luar negeri (Perancis) dengan beasaiswa, mana dulu yang sebaiknya saya peroleh, beasiswanya atau LOA dr kampus yg saya tuju? terima kasik kak.

    Like

  57. Ana_NTB_Universitas Mataram
    Assalamu’alaikum kak Budi, saya Ana dari Universitas Mataram. Saya baru melihat website ini dari teman saya di facebook, tapi setelah lihat jadwal pendaftarannya ternyata sudah lewat dari batas waktu. Apakah pendaftaran siswa baru Sekolah TOEFL ini tiap setahun sekali atau ada lagi pendaftarannya di tahun ini? Terima kasih sebelumnya kak.. 🙂

    Like

  58. Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh,.slamat malam pak budi..nama saya MUHAMMAD SYAH,.saya alumni fakultas Tarbiyah IAIN Lampung,.saya bekerja sebagai guru honorer di madrasah swasta,,saya ingin ikut daftar kuliyah S2 dalam negri di LPDP,ternyata syarat nya harus ada sertifikat toefl min skor 500,.apakah lulus dr skolah toefl ini saya dapat sertifikat yg bisa di gunakan sbgai syarat daftar kuliah s2 di lpdp,mkasih..wassalamualaikum.

    Like

  59. Tiya_Bengkulu_UNIB_ Kak, kenapa saya tidak mendownload hand book meski password sudah dimasukkan? Saya pikir bermasalah pada browser, saat dicoba pada browser lain ternyata sama saja. Saya jadi bingung karena ketinggalan, terimakasih kak :’)

    Like

  60. Selamat malam mas budi. Saya aloysius waluyo dari jakarta, bekerja di pt.home center indonesia.
    Mas saya mau tanya, Apakah beasiswa LPDP, fulbright, dan beasiswa S2 sejenis lainnya itu memperhatikan faktor akreditasi kampus tersebut ? Saya berniat “menebar jaring” ke beasiswa-beasiswa yang ada, namun saya akreditasi fakultas saya di bawah A. Mohon jawabannya mas budi.. Terima kasih banyak.

    Like

    1. Hi Aloysius. Kalau beasiswa dari pemerintah Indonesia mungkin, tapi kalau dari sponsor luar seperti Fulbright, biasanya mereka lebih melihat hal lain, seperti pengalaman si pelamar, apa yang sudah dilakukan, rencana masa depan, dan lain-lain.

      Like

  61. Assalamu’alaikum
    perkenalkan saya Jayu dari Bandung sekarang kuliah di Politeknik Negeri Bandung
    saya mau bertanya, apakah di luar negeri, D4 disetarakan dengan S1? apakah ada institut atau universitas di luar negeri yang menerima lulusan mahasiswa D4 untuk lanjut S2? jika ada, mohon untuk membagikan link-nya dan juga arahannya, terima kasih

    Like

    1. Wlkmslm. Hi Jayu. Kayaknya iya. Harus cek langsung ke jurusan yang ingin dilamar. Buka website kampusnya, kemudian bisa lihat contact personnya. Kirim e-mail tanya tentang. Kebijakan setiap jurusan dan kampus bisa berbeda.

      Like

  62. Fikki_tangerang selatan_UIN Jakarta
    Pagi mas budi, mau tanya dong, kalo mau join di sekola toefl caranya gimana ya, saya search di facebook grupnya banyak yg namanya sekolah toefl ?
    Mohon bantuannya yaa mas Budi

    Like

  63. Tanti Endarwati_Yogyakarta_Stikes Surya Global Yogyakarta

    Assalamu’alaikum Kak Budi. Saya ingin bertanya, saya sudah punya beberapa tulisan yang dipublikasikan di koran lokal, tetapi sebagian besar isi tulisan saya tidak berkaitan dengan bidang study saya di S1 dan juga tidak berkaitan dengan jurusan S2 yang ingin saya ambil. Apakah itu tetap perlu saya masukkan di CV agar bisa menambah point dimata penyeleksinya. Atau harus yang sesuai bidang saya saja yang saya tulis di CV. Terima kasih sebelumnya.

    Like

  64. hallo kak budi. saya mega,
    saya mau tanya terkait materi week 1 tentang structure.
    apakah sebuah kalimat itu benar atau salah hanya ditentukan dari dia sudah lengkap dengan verb dan subject atau belum?
    lalu apakah subject itu bisa berubah menjadi noun?
    terinakasih 🙂

    Like

  65. Halo mas Budi, Saya Prima, yang mau saya tanyakan:

    Kalau saya sudah S2 dengan sistem belajar jarak jauh (dosen datang 2X sebulan belajar di Indonesia) dapat ijazah dari negara lain dan sudah disetarakan DIKTI, tapi saya ingin lamar beasiswa fulbright S2, apakah bisa?

    Like

  66. Selamat sore bang budi, saya monalia , mahasiswi semester 8 Universitas Riau, bang video tentang reading yang ada di youtube itu untuk siswa sekolah toefl ajaran bulan februari ini kah? Dan pertanyaan saya di line abang mohon dibalas bg, terimakasih bg
    Maaf sebelumnya ya bg

    Like

  67. Meidiana_Jakarta_Universitas Trisakti_Semester 4

    selamat malam kak, mau Tanya ,, sebenarnya tes Inggris itu ada berapa macam ya kak ? kyk seperti TOEFL , TOEIC dll. Dan apa perbedaanya masing-masing serta yang mana paling sulit ? Terimakasih kak atas bantuannya..

    Like

  68. Selamat sore mas budi saya gustini, sebelumnya saya sudah sempat baca2 tentang sekolah toefl dan baca beberapa testimoni juga disana, saya sangat tertarik dgn program dr sekolah toefl krn kebetulan saat ini saya punya rencana untuk cari beasiswa dan tentunya perlu sarana belajar berkaitan dgn bhs inggris juga persiapan test toefl, saya buka link ini http://sdsafadg.com tp bingung gimana caranya buat jadi siswa sekolah toefl priode 5 yg akan dtg di bulan depan apa saja yg harus saya persiapkan sebelum mendaftar, mohon bimbingannya mas budi terima kasih..

    Like

  69. Mas Budi, saya siswa sekolah TOEFL 4 C A.n. hery nugroho, baru tahu hari ini. kalau saya ingin download materi dari awal pertemuan minggu bagaimana ya mas? biar saya mengikuti materi berikutnya. sebelumnya terima kasih.

    Like

      1. Eka_Jakarta_Karyawan
        Salam kenal Kak Budi.
        Saya sudah join di Sekolah Toefl – 4C.
        Saya ketinggalan untuk download handbook week 2 dan week 3, link downloadnya sudah tidak aktif lagi.
        Apakah saya bisa mendapatkan handbook untuk week 2 dan week 3 tersebut?
        Terima kasih,
        Salam.

        Like

  70. Assalamu’alaikum. Saya Dessy dari Bukittinggi dan sdg menempuh kuliah s1 di UNAND Kampus II Payakumbuh semester 4. Maaf sebelumnya Pak, untuk menjadi murid di sekolah toefl ini gratis pak? atau apa2 saja persyaratan yg harus d penuhi?
    Soalnya dsy sangat bertekad utk kuliah s2 ke luar negri, pilihannya di NUS Singapura. telah banyak juga dsy ikuti seminar2 yang berhub.dengan kuliah di luar negri. dan kendalanya skrg dsy kurang lancar berbicara n nilai test toefl terakhir pun belum memuaskan. maka dari itu dsy mau meningkatkan nilai toefl nya pd semester 6 ini.
    trmksh sblumnya atas jawabannya Pak

    Like

  71. Assalamualaikum, nama saya Maulana dari Bogor, kuliah di Universitas Gunadarma.

    Saya mau tanya ka, apakah di sekolah toefl ini atau situs situs tertentu yang menyediakan simulasi tes toefl secara gratis ?.

    Saya ingin tahu persis apa apa saja yang akan di ujikan di tes toefl nanti.

    Terima kasih ka Budi.

    Like

  72. assalamualaikum, nama saya Puja Ahmad Habibi dari Jambi, kuliah di UIN syarif Hidayatullah.
    Saya mau tanya bang, misalnya saya punya pengalaman berorganisasi tetapi hanya sebagai anggota tidak mempunyai jabatan, apakah itu bisa jadi nilai tambah ?. jika tidak kira” bagaimana caranya agar saya dapat menutupi kekurangan saya di organisasi, apakah bisa dengan prestasi seperti lomba ?.

    terima kasih bang Budi mohon maaf apabila ada kesalahan kata

    Like

    1. Wlkmslm. Bisa dimasukkan, tetapi bayangkan yang ikut melamar beasiswa ada ratusan bahkan ribuan. Setiap dari mereka pasti mempunyai profil yang bagus. Jaid, kita juga harus memiliki profil sbeaik mungkin.

      Like

  73. assalamualaikum ka ,,nama saya lisanan aliya dari bandung..saya lulus tahun 2015 kemarin..dr intitut koperasi indonesia..
    saya sempat ikutan test toefl tp nilai saya di bawah rata”.. padahal saya pernah ikutan les slma setahun..saya sgt kecewa dg diri saya..pdhl sdh iktn les tp nilainya msh dbwh rata”..saya ingin mndptkn tips dr kk ..bagaimana cara meningkatkan nilai toefl??dan saya sering merasa kesulitan jika menjwab soal reading comprehension&listening..
    saya akui saya memang lemah dalam hal kosa kata& krg lancar dalam berbicara b.inggris…saya sgt butuh dgn toefl ini krn saat ini saya msh kesulitan utk bkrja khususnya d perushaan bumn krn biasanya meminta skor toefl sdgkn skor saya msh d bwah rata”….

    Like

  74. Assalamualaikum ka budi. Saya cory dari Bosar Maligas (salah satu daerah di kota medan). Saya baruuu aja tau tentang kak budi, bisa dibilang baru 30 menit melalui instagram. Dan setelah membaca blog kak budi, impian sy utk kuliah di luar negeri dan tinggal di luar negeri mulai keluar lagi.
    Saya dulu sempat S2, tp krn kerja lalu menikah dan skrg punya bayi jd terhenti di proses pembuatan tesis. Skrg saya berkerja sbg IRT. Setidaknya saya masak sambil belajar…hehehe
    Mohon info nya yah kak budi, kalo ada buka kelas TOEFL ny.

    Like

  75. Assalamu alaikum… sy mila dri mkassar alumni Unhas.. sy ingin ikut dlam kelas TOEFL bpak… saya ingin daftar beasiswa tapi terkendala di TOEFL. mhon bantuannya. terima kasih

    Like

      1. Assalamu alaikum …. maaf pak, mau tanya lagi,,, begini, saya berencana ingin daftar beasiswa lpdp tapi ipk sya tidak smpai 3.50 ,,, sdangkan syw lihat syaratnya ipk hrus 3.50 untuk daftar bagi alumni beasiswa bidikmiisi . mohon solusinya pak… terima ksih.

        Like

  76. Assalamu’alaikum kak budi.. Saya Irma dari Makassar dan sdg menempuh kuliah s1 di UNHAS semester 4. Saya mau tanya, kak budi waktu kuliah S1 jurusan apa? apakah aktif di UKM atau Himpunan? Apakah dengan aktif di kegiatan kemahasiswaan, punya pengaruh terhadap beasiswa S2?
    trmksh sblumnya atas jawabannya Kak..

    Like

  77. lisa_bandung_jrusan manajemen keuangan …assalamualiku ka saya lisa sdh gabung d group sekolah toefl 4a tp udah seminggu ini saya g bisa download handbook week 5..padahal udah coba di copy paste ttp g bisa …cara buat downloadnya gmn…?apaakah hrus iktn group sklh toefl lg pertengahan maret..harus dr awal lg berarti…??padahl sering bgt jwb qotd and download handbook week 1-4..cmn skrg handbook week 5 yg blm..sgsla mcm cra udah tp ttp g bisa

    Like

  78. Intan_Bekasi_Akademika centre for public policy_Assalamu’alaikum kak, saat ini saya ingin meng-apply beasiswa PRESTASI USAID, tapi saya merasa kesusahan swaktu mengisi aplikasinya, terlebih lagi di bagian essay kak. Mohon sarannya kak

    Terima kasih ^^

    Like

  79. nisa_yogyakarta_fresh graduate

    assalamu’alaikum kak budi. mau tanya, kalau beasiswa fulbright dan australian awards itu bs untuk mendaftar semua disiplin ilmu atau ada persyaratan khusus hanya disipin ilmu tertentu yg dibiayai oleh beasiswa tsb?
    terimakasih

    Like

  80. Mila_Bandung_Public Relations
    Assalamualaikum kak budi, sekarang ini aku lagi menjalani kuliah dengan strata diploma 3. Rencananya aku mau lanjut D4 di univ. yang sama tempat aku sekarang kuliah. Sebenarnya rencana mau ekstensi tapi mengingat program ekstensi sekarang susah dan jarang. Kalau misal saya apply D4 untuk studi selanjutnya, sekiranya ada tidak kak beasiswa S2 ke luar negeri untuk lulusan D4? Negara yang saya mau adalah Korea, kak. Tapi ga harus Korea selama saya diberi kesempatan. Makasih kak mohon balasannya 🙂

    Like

  81. hallo, mas budi
    saya dodi dari NTT, ingin melamar beasiswa pertukaran guru. dapatkah saya mendapatkan contoh lamaran?
    saya sudah melengkapi semua persyaratannya tetapi saya belum mendapatkan contoh lamaran karena saya tidak bisa mendownload aplikasinya. beberapa hari yang saya sudah mengundang ke BBM tapi belum diterima oleh mas budi

    terima kasih

    Like

  82. Selamat malam kak Budi
    Perkenalkan nama saya Vivin asal Kota Tegal Jawa Tengah berkerja sebagai Tenaga Honorer Di BAPPEDA Brebes.
    saya lulusan S1 Matematika UNDIP tahun 2015, yang saya ingin tanyakan apakah bisa melanjutkan beasiswa S2 di luar negeri dengan IPK kurang dari 3?

    Like

      1. kalau boleh tau contoh beasiswa apa yah kak yang memiliki aturan yang terkait dengan minimal IPK kurang dari 3? Terimaksih sebelumnya kak Budi 🙂

        Like

  83. Nurbaiti Rizki_Jakarta_Universitas Jenderal Soedirman_ malam ka mau tanya untuk bisa dapetin beasiswa apa ada syarat2 khusus dari tempat penerima beasiswa dan apakah ipk harus tinggi (cumlaude) untuk mendapatkan beasiswa? Saya skrg semester 6 jurusan biologi namun saya ingin sekali sekolah diluar negeri dengan beasiswa. kira2 universitas mana yg menurut kaka baik dibidang ilmu lingkungan dan konservasi? Terimakasih ka.

    Like

  84. Qurrota A’yun_jakarta_IPB

    Assalamualaikum ka Budi. Saya tertarik untuk kuliah di jepang. adakah informasi detail mengenai beasiswa jepang (monbukagakuso atau lainnya), seperti halnya info tentang beasiswa fullbright?
    terimakasih.

    Like

  85. Yohanes Eko Priyanto_Madiun_STKIP Widya Yuwana Madiun
    Selamat sore kak. Saya ingin bertanya, apakah password untuk masuk ke Toefl Test 1 – Listening? Karena saya ingin mengikuti test tersebut yang dari tanggal 14-20 Maret 2016, dan juga saya ingin belajar bahasa Inggris untuk melanjutkan perkuliahan di S2.
    Terima kasih kak atas informasinya.

    Like

  86. Hilda Septiani_Bogor Jawa Barat_Univ Pakuan Bogor_Assalamualaikum kak, saya mau tanya. Saya ingin mengejar beasiswa S1 KGSP-U ke Korea Univ tp saya skrg masih kuliah dan masih semester 2. Kalau saya nanti apply pakai data setelah lulus d3 tu bisa atau tdk? Apa hanya ijasah SMA yg diterima? Mohon jawabannya kak^^ Terimakasih

    Like

  87. assalamu’alaikum bang Budi, bolehkah saya bergabung kembali di kelas ke 5? walau saya sudah bergabung di kelas empat,mohon maf dngan sangat saya keteteran materi, karena saya bekerja sabgai penyuluh budaya di Mukomuko bengkulu, org lapangan, kdg saya tidak bisa online. skrg saya sudah selesai kontraknya, bisakah saya gabung kembali dkelas lima? atau ckup saya kejar materi di kelas empat saja yg baru satu bulan jalan.
    jazakallah.

    Like

  88. Hallo k budy, saya sonya dari NTT, saya lulus S1 tahun 2015, saya ingin melamar beasiswa lpdp, tips penulisan essay yg ada di blog k budy sudah saya lakukan, tp sya masih ragu dengan essay saya. Apakah saya bisa mengirimkan essay saya via email untuk di koreksi oleh k budy?

    Like

  89. Mas Budi, saya Hega mahasiswa semester 6 UNS Solo mau tanya, saya ini masih belum lancar berbicara bahasa inggris, jangankan TOEFL, grammar saya saja masih acak-acakan mas tapi saya ingin sekali bisa melanjutkan studi S2 di luar negeri, apakah itu bisa mas? Terimakasih

    Like

  90. Bang Budi, saya mau tanya. Untuk menyelesaikan D3 dan S1 lalu saya membuat laporan tugas akhir dan internship. Apa keduanya bisa dijadikan salah satu publikasi? Terima kasih.

    Like

  91. Assalamualikum. Saya Aang asal Pandeglang Banten,saya bekerja di sebuah NGO di pandeglang yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat. saya membaca essay mas budi yg menceritakan pengalaman mas budi KKN disebuah pelosok desa dan itu dijadikan referensi essay sehingga membuat mas budi berhasil meriah beasiswa.

    pertanyaan saya bagimana menyakinkan para penyeleksi beasiswa yg dikaitkan dg pengalaman saya bekerja sebagai NGO ??

    Apakah setiap referensi dari profesor itu harus dg jurusan yg sama atau relevan dgn bidang ilmu yg akan kita ambil ??

    semoga berkenan menjawab,terima kasih…

    Like

    1. Biasanya, kita menuliskan pengalaman itu di esai-esai yang ada di formulir aplikasi beasiswa. Kalau lulus ke tahap wawancara, si pewawancara akan mungkin menyakan penglaman yang sudah ditulis di esai formulir tersebut.

      Like

  92. Selamat malam mas, perkenalkan nama saya Edy, salah satu murid di Sekolah TOEFL juga . Ohya saya mau tanya terkait Recomendation Letter. Apa memang sebaiknya dan apa ada nilai tambah jika recomendation letter itu berasal dari Professor atau dosen yang bergelar doktor?
    Terus mau tanya juga, waktu mas Budi apply beasiswa S2 dan S3 , kalau boleh tau dapatnya dari siapa saja ya? Dan apa mas budi jelaskan proses mendapatkan recomendation letter nya? Apakah memang punya hubungan yang dekat dengan pemberi recomendation letter ? Terima kasih sebelumnya mas

    Like

  93. Assalammu’alaikum
    Nama : Rian Adriansyah
    Asal : Padang, Sumbar
    Pekerjaan : Operasi Pembangkitan PT PLN (Persero) Sumbagsel Unit PLTA Maninjau
    Mas budi, saya ingin bertanya apakah ada Koordinator SST yang ada didaerah saya ?
    saya liat diblog tidak ada nama” koordinator SST.
    didata siswa juga harus pake password
    dan sampe sekarang juga saya belum diundang oleh koordinator SST untuk bergabung digroup WA
    mohon infonya
    terima kasih

    Like

  94. Affan_Depok_Jakarta
    Assalamu’alaykum, selamat sore mas Budi. Saya salah satu siswa di sekolah TOEFL. Saya ingin tanya pendapat mas Budi mengenai beasiswa Prestasi dari USAID. Perbandingannya dengan beasiswa Fulbright bagaimana? Saya baru mencari dari sumber online saja, tapi masih belum menemukan pembahasan mendalam mengenai beasiswa Prestasi ini. Terimakasih atas responnya.

    Like

      1. Asalamualaikum kak budi … Perkenalkan saya Alimul Fadilah_UMS Surakarta_Mau tanya kak ! saya ini kira2 pertengahan/akhir tahun depan insyaallah udh lulus/wisuda(Aamin) setelah itu saya ingin utk lanjut studi S2 ke LN, agar tidak terkesan tergesa-gesa saya ingin menyiapkan segala sesuatunya kak dari sekarang, saya bukan mahasiswa berprestasi loh ka, standar2 aj. kalo boleh minta saran kakak nih apa aj yang harus saya siapkan dari sekarang, utk program/jurusan yg ingin diambil udh ada kak, mohon bantuannya kak budi ,,,,,

        Like

  95. Alexander Josep Ones_Tangerang_Tangerang_
    Halo Ka Budi, megenai baju ST, apakah ada baju ST yang pada bagian depannya bertulis “est 2016” dibawah tulisan Let’s break the limits pada bagian depan?

    Like

  96. darti_Jeneponto SulSel_guru SMP
    assalam, kak budi ….
    saat ini saya lagi apply beasiswa LPDP . saya telah membuat essay sesuai dgn petunjuk kak budi ttg essay beasiswa LPDP. tapi saya ingin memperlihatkan essay saya tersebut utk dikoreksi. jika berkenan saya ingin mengirimnya via email. boleh minta email kak budi?

    Like

  97. Moh. Zayyadi_Malang_asal madura.
    Assalamualaikum….
    mas saya kuliah di uin malang, mau bertanya.
    saya sudah daftar sekolah toefl yg ke 5 ini, tapi saya masih belun masuk grup whattaps mas.
    terimakasih.
    Wassalamualaikum….

    Like

  98. Selamat malam mas budi
    Saya Deden salah satu siswa sekolah toefl
    yang saya ingin tanya yaitu QOW 7 nomor 7 saya masih tidak mengerti, terima kasih atas perhatiannya

    Like

  99. Viky Arina_Batu_Fresh Graduated
    Selamat malam Mr.Budi.
    Saya mau menanyakan untuk exercise 13. Di handbook di jelaskan bahwa adjective clause connector tidak bisa muncul di awal kalimat. Tapi nomor 8 kenapa bisa di depan? Dan juga perbedaan nomor 8 & 10 itu bagaimana? Apa di lihat dari segi arti untuk bisa di depan atau tidak.

    Untuk QOW nomor 5, untuk pilihan D yang berperan menjadi subject yang mana?
    Nomor 8 mnta tolong bisa di jelaskan mana subject dan verb di setiap klausa?

    Saya juga menunggu untuk video pembahasan handbook 6, belum di posting kan?

    Terima kasih

    Like

  100. Halo Mas Budi, saya Vasperton_Batam_Freshgraduate, saya baru lihat di facebook tentang sekolah toefl dan saya sangat tertarik untuk ikut belajar di sekolah ini. Dan ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan yaitu, setiap berapa bulan sekali kelas baru akan dibuka?. Dan apakah yang telah mengambil kelas yang lama boleh mengikuti atau mendaftar di kelas baru berikutnya? mengikuti kelas berikutnya tersebut untuk mengasah kemampuan dalam menyelesaikan toefl dan skill dalam menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Terimakasih mas atas inisiatif dalam membuat sekolah toefl

    Like

    1. Tidak menentu kapan dibuka kelas baru karena melihat perkembangan siswa yang sudah ada dulu. Boleh, tetapi seriuslah kalau sekalau sekali belajar. Jangan membuang waktu dengan mengulang kelas.

      Like

  101. Assalamualaikum, saya Ade Arieska Dewi dari Universitas Islam Malang. Yang ingin saya tanyakan mengapa password untuk download panduan belajar kelas 5c tidak bisa submit padahal saya sudah menulis persis seperti peraturannya.. trimakasih

    Like

  102. Salam kenal mas budi, Saya Ardi lu2san D3 Arsitektur
    Mau tanya kak:
    1 Beasiswa buat transfer D3 ke S1 di luar negeri nama programnya apa ya..?
    2 Kalau Negara yg menyediakan transfer k S1 kira2 mana saja ya kak..?
    3 Apakah semua negara memperbolehkan kuliah sambil kerja d negara mereka..?
    Kalau Mimpi saya sih pengin kuliah sambil krja d New Zealand
    Mohon bantuan dan jawabannya kak, Terima kasih

    Like

  103. Selamat malam mas, perkenalkan nama saya Edy, salah satu murid di Sekolah TOEFL dan saat ini kuliah di salah satu PTN di Bandung. Oh ya saya mau tanya terkait Recomendation Letter. Apa memang sebaiknya dan apa ada nilai tambah jika recomendation letter itu berasal dari Professor atau dosen yang bergelar doktor?

    Bisa minta tolong juga gak mas ,bisa di jelaskan proses pengalamannya mas Budi dulu mendapatkan recomendation letter untuk studi S2 dan S3? Terima kasih sebelumnya mas.

    Like

  104. zia_universitas negeri jakarta_depok
    selamat siang, pak. saya baru memperoleh informasi mengenai sekolah toefl ini kemarin (1/4/16). saya ingin bertanya, apakah masih ada kuota untuk mengikuti periode selanjutnya? kapan kiranya pendaftaran periode selanjutnya dibuka? trm kasih sebelumnya

    Like

  105. assalamu’alaikum kak, nama saya Izza ayu rosita_asal banyuwangi _mahasiswi di universitas muhammadiyah jember_
    saya mau tanya, kalau ikut beasiswa LN tes wawancaranya menggunakan bhs inggris tidak? soalnya saya sangat lemah di bagian speaking.

    Like

  106. Assalamualaikum, bang Budi mau tanya. kira” apakah ada tips untuk pelamar beasiswa yang kira” kurang di pengalaman organisasi jika si pelamar tersebut tidak pernah atau tidak aktif di organisasi ketika dia kuliah dulu ?. Terima Kasih 🙂

    Like

  107. Assalamualaikum..
    Muhammad Arif al Hakim Kudus IAIN Salatiga

    Mas Budi mau tanya, saya td malam hanya mengikuti TO untuk mencocokkan jawaban saya dengan pembahasan dari mas Budi dan sudah meninggalkan komen dan like, tapi saya lupa untuk melakukan registrasi wa dan fase 2. Apakah saya sdh secara otomatis tidak bisa mengikuti pembelajaran fase 2 mas?

    Terimakasih..

    Like

  108. hello mr.budi . saya khairul anwar dari jakarta . hari ini saya dapat notifikasi facebook bahwa anda mengirimkan sesuatu di grup 5B , tapi ketika saya klik , ternyata itu bukan kiriman hari ini , sedangkan ini adalah jadwal pertama saya terima pelajaran dari anda pak.bagaimana saya bisa melihat link yang anda bagaikan untuk download handbooknya yah pak ??? Terima kasih.

    Like

  109. Assalamualaikum Pak, saya mau tanya. Pertama, apa yang membuat Anda membentuk sekolah TOEFL?. Kedua, sekolah TOEFL ini masanya berapa lama, kan kalau sklh biasa 1 tahun, bagaimana dengan sekolah TOEFL?. Ketiga, sampai sekarang saya jikbelum dimasukkan group wa ya pak, menurut informasi kan ada group wa. Keempat, keuntungan yang Pak Budi dapatkan dari sekolah TOEFL?
    Terimakasih banyak pak, maaf pertanyaan banyak .

    Like

  110. Aslmkm mas budi nama saya iin fatimah saya seorang guru..saya mau minta tlg koreksikab esaay saya untuk keperluan lpdp..bisa minta email nya mas budi??

    Liked by 1 person

  111. saya cuma menemukan kolom buat komentar disini, jadi saya bertanya tentang pembahasan skill 1 sampe 5 disini, gak apa2 ya pak
    pertanyaan 1:
    exercise 3. appositive. saya salah no 2, 4, 7. dipembahasan dijelaskan bahwa ketiga kalimta pada no 2, 4 dan 7 salah karena tidak ada subject. sedangkan saya jawabnya ketiga kalimat tsb sudah ada subject. pada kalimat 2 contohnya a friend kenapa tidak menjadi subject? tapi malah menjadi appositive? bukankah a friend itu adalah noun? sama seperti pada kalimat 4 (officer) dan kalimat 7 (heating unit).
    kemudian untuk soal no 8. kenapa brighten adalah verb? bukan adjective?

    pertanyaan 2:
    exercise (skill 1-5)
    pada soal 2, sebagai apakah fungsi dari to purchase? verb atau adjective? soalnya salah menjawab kalimat no 2 tsb salah karena tidak mempunyai subject dan terdapat dua verb (went dan to purchase saya anggap sebagai verb)

    mohon penjelasannya pak 🙂

    Like

  112. nama saya izza ayu rosita saya siswa sekolah toefl kelas 5A, kak saya mau bertanya link youtube untuk skill 8 kok gak bisa di buka ya kak?

    Like

  113. Asalamualaikum,Pak Budi perkenalkan nama saya Mei Friani dari Lahat,Sumatera Selatan. Saya lulusan Pendidikan Sejarah Universitas Sriwijaya tahun 2014. sekarang saya menjadi tim pengajar di salah satu lembaga bimbel di lahat. saya sangat menginginkan mendapatkan beasiswa Master Degree untuk jurusan ilmu sosial dan humaniora di Amerika Serikat,,pak ketika saya kuliah dulu, saya sedikit mengikuti kegiatan organisasi kuliah,,saya lebih giat mencari uang/berwirausaha tanpa bantuan universitas Pak,,padahal aktif berorganisasi sangat dibutuhkn ketika kita melamar beasiswa,,,
    iyaaa kan Pak???
    saya jadi minder kalo ditanya soal beroganisasi pak,,
    saya sekarang sedang kursus bahsa inggris dengan teman kuliah saya dulu,,dan saya sekarang juga sering latihan menulis essai untuk beasisiwa
    untuk sekarang saya menyadari saya jauh dari kriteria yang dpt mendapatkn beasiswa ke luar negeri,,,,maka dari itu Pak adakah masukan yang membangun agar saya menjadi salah satu penerima beasisiwa Pak,,terima kasih Pak

    Like

  114. Catur ari nugrohi_jember jatim_pstf universitas jember_bapak saya mau bertanya, sya pngen dfar sekolah toefl periode 6 ini. Tpi saya ada kkn ke desa pelosok selama 1,5 bulan mulai tgl 18 ini… yg saya takutkan disna susah sinyal… apa ini menjadi kendala nantinya??? Kalo memang menjadi kendala kapan periode 7 dibuka??? Terimakasih

    Like

  115. Dila_Makassar_Universitas Negeri Makassar_saya seorang mahasiswi sem. 7 yang berkeinginan untuk lanjut S2 di luar negeri. Tapi, kebanyakan beasiswa yang saya lihat dan cari tahu bisa di daftar saat seseorang telah lulus S1nya dan mempunyai ijazah, skripsi, dsb. nah judul penelitian sy aja masih belum fix gimana caranya daftar gitu-gituan. Apakah mmg utk daftar beasiswa keluar itu harus lulus S1 dulu? Saya mau berusaha dulu bgmn caranya saat sy lulus S1 disini, tempat saya utk lanjut S2 diluar itu sdh ada, sehingga sy tidak membuang2 waktu dalam hal pendidikan. Lalu, kalau ada beasiswa apa itu? Terima kasih atas jawabannya

    Like

  116. Erlina Ika Andarista_Probolinggo_Universitas Jember. Assalamualaikum sir, saya mau bertanya tentang video skill 1-5. Kenapa video tersebut tidak bisa di download? Muncul tulisan video ini memiliki hak cipta,tidak dapat diunduh. Mohon penjelasannya,terimakasih.

    Like

  117. Adytia Putra_cianjur_universitas jenderal achmad yani.
    ka mau tanya, kan saya dari univ swasta nah bisa ga dari univ swasta meraih beasiswa luar negeri? apakah ada pembeda misalkan univ negeri lebih didahulukan/mudah mendapat full scholarship? mohon penjelasannya.

    Like

  118. Siti Mustika_Aceh_Karyawan di MTs Muhammadiyah Bireuen.
    Assalamu’alaykum kak Budi. Kak saya mau tanya mengenai surat rekomendasi untuk melamar beasiswa. Semalam saya liat IG kakak menjelaskan mengenai surat rekomendasi yang lebih baik didapatkan min 6 bulan sebelum apply beasiswa. Nah kan ada beberapa beasiswa yg menyediakan form surat rekomendasi sendiri. Pertanyaan saya, apakah boleh memakai form tahun sebelumnya untuk apply di tahun berikutnya? atau harus pakai form di tahun apply itu?

    mohon pencerahannya kak. Terima kasih

    Like

  119. Hana Sofi Dania_Bandung_STKS Bandung_ Halo assalamualaikum kak budi. terimakasih telah membuatkan sarana untuk bertanya bagi kami yang bermimpi melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan sedang berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya. semoga semua kebaikan yg kak budi lakukan untuk kami, scholarship hunters diterima oleh Allah SWT aamiin. sebelumnya saya sudah bertanya melalui fb messengger. tapi hingga saat ini, saya belum mendapatkan balasan. namun saya memaklumi, mungkin ada ribuan pesan di inbox kak budi, sehingga pertanyaan saya terlewat dan belum terbaca. kak budi, saya tertarik sekali dg bhs ingg sejak SMA. namun karena ada beberapa hal, saya tdk kuliah di jurusan sastra inggris. background s1 saya adalah kesejahteraan sosial. nah, yg saya ingin tanyakan adalah apakah bisa saya melanjutkan s2 ke luar negeri melalui beasiswa dengan jurusan sastra inggris? beberapa waktu yg lalu saya mengirimkan pertanyaan lewat e-mail kpd seseorang lulusan Monash university (australia) jurusan penerjemahan. pertanyaan yg saya ajukan kpd beliau sama seperti pertanyaan yang saya ajukan ke kak budi. dan beliau menjawab, tidak bisa. biasanya untuk beasiswa s2, harus linear dg s1. bagaimana dengan beasiswa di uk atau us kak? apakah s2 nya harus linear dg s1? semoga kak budi berkenan menjawab pertanyaan saya:) wassalam

    Like

  120. Kak Budi, saya Irma, fresh graduate dari Unpad Bandung, saya ingin bertanya bagaimana caranya jika saya ingin minta koreksi motivation letter saya ke kak Budi? Kemana saya harus mengirim email?

    Terima kasih kaak…

    Like

  121. Rivaria Safitri_Baturaja, Sumatera Selatan_Universitas Baturaja_Assalamualaikum mr.Budi, maaf mengganggu sebelumnya, kalau saya mau minta koreksikan Essay UGRAD kirim ke alamat email apa ya mr? deadlinenya sudah dekat sekali mr tanggal 31 desember, maafkan saya mr Budi sudah merepotkan, semoga Allah membalas yang terbaik untuk mr.Budi aamiin

    Like

  122. Assalamualaikum kak, saya Ista dari mataram kuliah di universitas mataram, kak dari 2 minggu yang lalu saya sudah coba download handbook dengan password yang sudah di kasih tapi nggak bisa ke download, kenapa ya kak ?

    trimaksih kak 😉

    Like

  123. Kurota Aini_Yogyakarta_Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Halo assalamualaykum ka Budi, mau tanya, kebetulan aku baru dapet informasi sekarang tentang sekolah TOEFL. pas mau daftar ternyata udah meewati batas pendaftaran ka, tapi aku bener-bener mau ikut program sekolah TOEFL ka, apakah masih bisa mendaftar? Terima kasih ka 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s