Week 2: Reading

Ingat, di skill 1 ini kita belajar menjawab pertanyaan tentang main idea, subject, title, dan semacamnya dengan benar. Kuncinya adalah baca kalimat awal dari tiap – tiap paragraf. Ketika membaca, pikirkan atau cari apa tema atau ide umum yang diangkatnya. Bila sudah bisa menemukan tema atau ide yang diangkat, lihat secara cepat keseluruhan teks (passage) untuk memastikan apakah teks itu membahas tema atau ide tersebut. Gunakan cara eliminasi pilihan yang sudah pasti tidak berkaitan dengan tema atau ide yang kita dapatkan ketika membaca kalimat-kalimat awal dari setiap paragraf.

Seringkali jawaban yang benar menggunakan kata – kata sinonim untuk menjelaskan makna yang sama dengan yang ada didalam teks.

Exercise 1
1. B. Kalimat pertama pada paragraf ini menjelaskan tentang Fort Knox, the site of the U.S. army post, tetapi lebih dikenal sebagai the Fort Know Bullion Depository, ruangan besi yang besar yang berisi sebagian besar simpanan emas pemerintah Amerika. Di kalimat pertama ini, kita menemukan kata the U.S. government’s gold yang sama dengan the federal government. Kalimat – kalimat setelahnya menjelaskan tentang tempat penyimpanan emas pemerintah Amerika ini.
2. C. Judul harus menggambarkan keseluruhan isi paragraf. Pilihan A, B, dan D tidak dijelaskan di keseluruhan paragraf. Maka, pilihan yang tepat adalah pilihan C, karena judul ini berarti membahas tentang Fort Knox.
3. B. Kalimat pertama dalam paragraf ini menjelaskan tentang mengindentifikasi kekerasan mineral dengan cara menggoreskan satu mineral dengan yang lain. Pilihan D lebih tepat menjelaskan kalimat pertama ini.
4. A. Ingat, main idea berarti ide pokok yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam paragraf ini. Kalau dibaca sampai habis, kita akan menangkap bahwa paragraf ini tentang menggoreskan satu mineral dengan yang lainnya untuk mengetahui sebera keras karakternya. Di kalimat terakhir, kita menangkap bahwa yang nomor 7 bisa menggoreskan nomor 6, artinya semakin tinggi nomornya, semakin kuat mineral tersebut dan bisa menggoreskan mineral yang memiliki nomor lebih rendah. Setelah disatukan ide dikalimat pertama dengan yang ada dikalimat terakhir, pilihan A lebih tepat menggambarkannya dan menjadi main idea yang ingin disampaikan oleh pengarang.
5. D. Untuk mengetahui apa yang yang didiskusikan oleh passage ini, kita harus membaca kalimat awal di setiap paragraf. Jawaban yang benar haruslah dijelaskan di kedua paragraf ini. Pilihan A dan C hanya dijelaskan di paragraf 1. Pilihan B hanya dijelaskan di paragraf kedua. Kalau kita lihat di paragraf 1 dan 2, dijelaskan tentang hurricane yang spesifik terjadi di North Atlantic, bukan secara umum, maka pilihan D lebih tepat.
6. B. Judul harus menggambarkan keseluruhan yang dijelaskan dlaam kedua paragraf ini. Kita tahu bahwa paragraf 1 dan 2 membahas tentang hurricanes. Di kalimat pertama paragraf kedua, kita temukan bahwa hurricanes adalah tropical storms, hanya karena kekuatannya diberi nama hurricanes. Berarti pilihan B lebih tepat. Kita menggunakan kata storms, dimana hurricanes adalah storms.
7. C. Kalau kita baca secara keseluruhan teks ini, kita akan mendapati bahwa ini membahasa tentang Longfellow dan karya-karyanya. DIbaca sepintas saja sudha bisa didapatkan; diparagraf pertama dibahas tentang Longfellow, lalu tiga paragraf selanjut membahas karay-karyanya. Baca kalimat pertama dan kedua pada paragraf 1. Ini adalah main idea yang ingin disampaikan oleh pengarang, lalu dilanjutkan dnegan contoh – contoh karya Longfellow.
8. A. Karena paragraf 2,3, dan 4 menjelaskan karaya – karya terbaik Longfellow.
9. C. Jelas sekali yang dibahas diparagraf 4 adalah tentang daya tarik dari karya Longfellow yang berjudul “The Courtship of Miles Standish”.

Exercise 2
Ingat, di skill 2 ini kita belajar menjawab dengan benar pertanyaan tentang organisasi ide didlaam teks. Kuncinya adalah baca kalimat awal di tiap paragraf. Perhatikan bagaimana hubungan antara tiap paragraf: apakah saling membantah? Apakah saling mendukung? Apakah satu memberi definisi dan yang lain memberi contoh? Apakaha satu paragraf menjelaskan lebih rinci apa yang disampaikan di paragraf sebelumnya? Dan lain – lain. Pilih pilihan jawaban yang menjelaskan hubungan – hubungan antara paragraf-paragraf ini dengan jelas.

1. B. Ada 2 views tentang konflik dijelaskan di teks, yaitu traditional view dan interactionist view. Penulis mengkontraskan kedua view ini dalam teks.
2. Paragraf 3. Ada kata – kata : can serve an important function in an organization …. And causing positive changes to occur. Ini sama dengan menjelaskan benefits dari konflik dalam organisasi.
3. B. Teks ini menjelaskan tentang definisi dari IQ. Walaupun ada penjelasan in theory dan practice, tetapi kedua paragraf ini tidak ditulis secara berlawanan.
4. Paragraf 3 karena dalam dijelaskan apliaksinya dalam praktek.
5. A. Saat baca kalimat pertama pada paragraf 1, kita mendapati bahwa teks ini menjelaskan tentang the Great Salt Lake. Kemudian, paragraf 2 dan 3 menjelaskan tentang karakternya.
6. Paragraf 2.

Exercise (Skills 1 – 2)
1. C. Kalau kita abaca kalimat pertama pada paragraf 1, dapat diketahui kalau ini tentang kalender yang didasarkan dengan bulan dan matahari. Paragraf 1 menjelaskan tentang kalender berbasir matahari dan paragraf 2 berbasis bulan. Pilihan C lebih tepat menggambarkan teks ini keseluruhan.
2. B. Penulis hanya menjelaskan tentang kedua kalender berbasisw amatahari dan bulan.
3. C. Setelah membaca kalimat awal diparagraf 1, kita bisa mengetahui kalau teks ini tentang vaccines. Kemudian, paragraf 2, 3, dan 4 menjelaskan bagaimana vaccine didapatkan dengan cara – cara yang berbeda.
4. B. Ada tiga jenis vaccine seperti yang dijelaskan di paragraf 2, 3, dan 4.
5. Paragraf 2.
6. Paragraf 3.
7. D. Ketika membaca kalimat pertama di paragraf 1, kita bisa mengetahui kalau paragraf ini membahas tentang hoax dengan mengawalinya dnegan definisi. Lalu, paragraf 2 memberikan contohnya yang dilanjutkan di paragraf ke 3.
8. A. Kalimat kedua pada paragraf 1 mungkin menjelaskan bahwa hoax sudah banyak dilakukan di berbagai bidnag, seperti politik, agama, sains, dan lain – lain.
9. Paragraf 1.
10. Paragraf 3.