Success Is not a Destination, but a Journey.

Ingat selalu bahwa kesuksesan itu sebuah perjalanan, bukan sebuah tujuan karena kita tidak akan berhenti setelah berhasil meraih satu tujuan, akan terus muncul tujuan-tujuan baru yang kembali harus diraih.

Nelson Mandela mengatakan, “After climbing a great hill, one only finds that there are many more hills to climb”. Setelah meraih satu tujuan, pikiran kita akan semakin terbuka dan semakin jelas terlihat kalau ada banyak lagi tujuan dan mimpi yang harus diraih.

Maka, anggap kesuksesan itu sebuah perjalanan. Ibarat akan menempuh sebuah perjalanan, kita punya kota tujuan dalam satu waktu, ini mimpi yang harus diraih. Dalam satu waktu, kita hanya bisa mengunjungi satu tempat, baru kemudian bisa pindah ke tempat yang lain, ini berarti fokus, tidak perlu banyak mimpi yang harus diraih dalam satu waktu. Perjalanan kalau terlalu banyak yang ingin dikunjungi pasti kalau tidak banyak yang batal, pasti kelelahan yang akhirnya pencapaian tidak maksimal.

Dalam mempersiapkan sebuah perjalanan, kita perlu memperhitungkan rute yang akan diambil, bagaimana cara mencapai tempat tujuan, apa yang dimiliki agar bisa bertahan dalam perjalanan, apa yang harus diwaspadai selama perjalanan, dan lain sebagainya. Begitu juga dengan jalan meraih sebuah mimpi, harus selalu mempersiapkan yang terbaik, pelajari semua hal tentang mimpi yang ingin diraih, dan seterusnya. Cukupkan mengeluh, karena tidak akan merubah keadaan menjadi lebih baik.

Perlu dipahami, dalam sebuah perjalanan, yang berangkat duluan belum tentu sampai lebih awal dan dengan selamat. Kalau kita banyak yang harus dipersiapkan, fokus pada persiapan, tidak usah hiraukan mereka yang sudah jalan duluan. Nikmati prosesnya. Hasil itu tidak selalu mengikuti logika manusia, tetapi keajaiban selalu datang disaat seseorang sudah melakukan persiapan dan usaha semaksimal mungkin.

Tidak sulit bagi Tuhan memutuskan kamu masuk surga dan kamu masuk neraka. Dia tidak perlu menciptakan kehidupan dan membiarkan kita hidup bertahun-tahun. Menurut saya, ini karena hasil akhir itu datangnya kedua setelah ada sebuah proses. Buang jauh-jauh pikiran kalau bisa memanen padi setelah sehari menanam. Boleh menyesali kelalaian dan kekurangan diri sekarang, tapi kemudian mulai perlahan perbaiki, mulai menanam agar bisa memanen nanti.

Let’s break the limits..!!

– – – – Budi Waluyo

Start by doing what’s necessary; then do what’s possible; and suddenly you are doing the impossible. – – – – Francis of Assisi

Advertisements