Q & A

Pertanyaan dan Jawaban Seputar Proses Pembelajaran di Sekolah TOEFL

1. Saya tinggal di daerah terpencil dengan fasilitas internet terbatas. HP saya bukan smartphone. Kalau mau akses internet harus ke warnet dahulu. Apakah saya tetap bisa belajar di Sekolah TOEFL?

Bisa. Ingat, kapan link untuk download handbook diberikan, kemudian download selama link untuk download handbook itu masih aktif. Lalu, handbook di print dan dipelajari selama seminggu sampai tiba waktu Temu Online. Link untuk download handbook diberikan setiap hari senin/selasa dan aktif sampai Temu Online minggu bersangkutan selesai.

Kemudian, QOTD diberikan setiap dua hari sekali. Usahakan ke warnet selama dalam rentang waktu 2 hari setiap pemberian QOTD untuk menjawab QOTD. Misal, QOTD pertama diberikan hari Selasa pagi. Kesempatan untuk menjawab QOTD ini ada sampai hari Kamis sampai saat pembahasan QOTD 1 dan soal QOTD 2 diberikan. Pergilah ke warnet selama 5 atau 10 menit dalam rentang waktu ini, terus demikian di waktu QOTD berikutnya.

Saat Temu Online bisa ke Warnet selama 1 atau 2 jam seminggu sekali.

2. Saya mengaji atau mengajar sampai pukul 21.00 WIB minggu malam saat Temu Online. Bagaimana ini?

Boleh telat mengikuti Temu Online kalau memang ada hal yang harus dikerjakan dahulu. Pembahasan yang terlewatkan tetap tersedia di FB Grup.

3. Saya tidak bisa online pada malam hari saat Temu Online karena dilarang mengakses Facebook atau HP di malam hari. Bagaimana ini?

Kalau memang kondisi tidak memungkinkan sama sekali untuk mengikuti Temu Online. Keesokkan harinya setelah Temu Online bisa cek pembahasan saat Temu Online di Facebook Grup. Latihan-latihan di handbook tetap harus sudah dikerjakan sebelum Temu Online.

4. Saya belum diinvite ke grup WA, bagaimana?

Tidak usah pikirkan soal grup WA sekarang. Kalau waktunya sudah tiba nanti akan diberitahu di Facebook Grup.

5. Apakah harus online full 2 jam selama Temu Online?

Sebaiknya iya, karena Mentor dan teman-teman yang lain full online selama 2 jam. Tetapi, bila ada kendala, pastikan mengikuti walaupun tidak full.

6.  Apa yang dilakukan saat Temu Online?

Membahas soal-soal latihan di handbook di minggu bersangkutan. Siswa sudah harus menyelesaikan semua latihan di handbook sebelum Temu Online.

7. Bagaimana cara pembahasan di Temu Online?

Saat pukul 20.00 WIB, Mentor akan muncul lewat postingan di grup tentang latihan mana yang dibahas dahulu, kemudian siswa mengecek jawaban mereka dengan pembahasan yang diberikan mentor. Ketika siswa mendapatkan pembahasan yang membingungkan, siswa dapat bertanya ke mentor lewat comment box pada postingan pembahasan latihan tersebut.

8. Berapa lama total waktu belajar di Sekolah TOEFL?

Sekitar 8 bulan.

9. Bagaimana kalau saya punya rencana ingin melamar beasiswa tahun ini?

Makanya, ada TOEFL Prediction Test setiap bulan untuk juga memfasilitasi siswa melakukan percepatan belajar dan memiliki pengalaman mengikuti tes TOEFL. Siswa juga dapat berkonsultasi dengan mentor tentang apliaksi beasiswa mereka sampai minta untuk dikoreksikan.

10. Bagaimana dengan fase seleksi siswa?

Jalankan saja semua kewajiban siswa yang ada di buku panduan belajar atau di handbook nanti. Selama siswa menjalankan  semua kewajibannya dengan baik, dia tidak akan teriliminasi.

11. Apakah akan mendapatkan sertifikat di akhir proses pembelajaran di Sekolah TOEFL?

Iya. Ada aturannya nanti dijelaskan.

12. Adakah sumber lain yang bisa membantu saya mempercepat menguasai TOEFL?

Ikuti saja Sekolah TOEFL ini dengan baik. Kalau sudah diikuti dengan baik, akan ada progress karena materi di Sekolah TOEFL sudah cukup memadai dan padat semakin ke ujung.

13. Apakah ada batasan untuk izin?

Tidak ada. Siswa dipercaya dapat bertanggung jawab atas proses pembelajarannya masing-masing. Kalau malas atau bermain-main, nanti akan menyesal sendiri. Kesempatan kedua selalu ada, tetapi tidak akan terasa sebaik kesempatan pertama.

14. Kenapa belajar TOEFL ITP di Sekolah TOEFL?

Kalau sudah bagus di TOEFL ITP, nanti mempelajari IELTS dan TOEFL IBT lebih mudah.

15. Adakah beasiswa yang masih meminta TOEFL ITP sebagai persyaratannya?

Banyak. Baca dulu e-books gratis di blog ini.

16. Kapan QOTD diberikan? Pagi, siang atau malam?

Biasanya malam waktu Indonesia, tetapi tidak menutup kemungkinan di pagi hari. Yang pasti akan diberikan di hari yang sesuai jadwal.

17. Saya hanya bisa mengecek Facebook di malam hari setelah semua urusan selesai, apakah boleh dan tetap bisa mengikuti proses pembelajaran di Sekolah TOEFL?

Bisa. Intinya setiap hari ada cek Facebook grup terutama kalau ada notifkasi postingan saya di Facebook Grup agar tidak ketinggalan informasi. Bagusnya, cek 5 menit di pagi hari, 5 menit di siang hari, dan 5 menit di malam hari.

18. Bisakah donwload handbook dan materi lainnya lewat HP?

Bisa. Kalau tidak bisa, silahkan cek hpnya dulu.

19. Bagaimana cara download handbook?

Nanti akan diberikan link untuk download saat waktunya tiba. Klik link itu kemudian masukkan password. Password diberikan bersamaan dengan link postingan. Setelah password diketik, tekan enter. Halaman akan terbuka lalu klik file nama handbook minggu bersangkutan. Kemudian, setelah terbuka, file bisa didownload.

20. Kenapa materi-materi di Sekolah TOEFL di password?

Karena hanya untuk siswa Sekolah TOEFL. Setelah menjadi siswa Sekolah TOEFL, anda menjadi ekslusif. Dilarang memberikan materi kepada siapapun, bahkan pada siswa Sekolah TOEFL yang lain. Salah satu kewajiban siswa adalah mendownload handbook mingguan, tidak boleh minta pada teman yang lain.

21.  Kenapa siswa diminta menjaga materi di Sekolah TOEFL dan tidak membaginya dengan orang lain?

Karena hal – hal lain yang sudah saya bagikan gratis, seperti ebooks dan tulisan-tulisan lainnya sudah digunakan oleh orang lain untuk kepentingannya masing-masing. E-books yang saya bagikan gratis di blog ini ada yang menjualnya dan menggunakannya untuk mendapatkan followers. Cerita-cerita yang saya bagikan di blog dan twitter sudah digunakan untuk mempromosikan produk tertentu. Saya tidak ingin materi-materi di Sekolah TOEFL bernasib sama. Jadi, mohon dijaga dengan baik ya.

22. Apa dimaksud dengan siswa yang aktif?

Siswa yang aktif adalh siswa yang menjalankan semua kewajiban siswa.

Di Sekolah TOEFL, sebenarnya kita tidak hanya belajar tentang TOEFL, tetapi juga belajar membangun karakter seorang pembelajar yang bertanggung jawab terhadap proses pembelajarannya sendiri, menjaga kejujuran, saling membantu, tidak mudah menyerah dengan keterbatasan yang ada, sampai menjaga komitmen, agar kelak, kita bisa bercerita pada adik, kakak, atau teman tentang proses pembelajaran yang didasari oleh kesadaran diri.

Ini ada video Presentasi saya di TED tentang Sekolah TOEFL.

Bila ada waktu, luangkan waktu sebentar untuk menontonnya agar semakin memahami filosofi di balik sekolah ini.

 

 

 

Advertisements