Sistem Belajar

Bagaimana sistem belajar di Sekolah TOEFL?

Berikut penjelasan secara ringkasnya.

1. Facebook Group Sekolah TOEFL

  • Proses pembelajaran bertempat di satu Facebook Group yang telah ditentukan saat proses pendaftaran.
  • Facebook Group ini berbeda dengan FB Group Belajar kebanyakkan; hanya siswa Sekolah TOEFL yang sudah registrasi yang diizinkan masuk.
  • Aktifitas belajar di Sekolah TOEFL akan berpusat di FB Group ini.

2. Handbook

  • Setiap minggu siswa diberikan satu handbook yang berisi Materi Skil-Skil TOEFL beserta latihan-latihannya. Mentor akan membagikan link untuk download handbook ini setiap minggunya di FB group belajar. Siswa, kemudian, dapat menge-pint handbook ini atau mempelajarinya lewat komputer.
  • Siswa bebas mempelajari handbook mingguan ini serta mengerjakan latihan-latihannya sesuai dengan waktu luangnya, dalam rentang hari Senin sampai Minggu.
  • Jika siswa punya pertanyaan tentang materi di handbook, siswa dapat bertanya langsung dengan Mentor Sekolah TOEFL lewat media sosial yang ada di handbook.
  • Setiap hari Minggu pukul 20.00 – 22.00 WIB ada Temu Online di Grup Sekolah TOEFL. Di waktu Temu Online ini, Mentor Sekolah TOEFL akan membahas Materi Skil TOEFL dan latihan-latihannya. Latihan-latihan di handbook akan dibahas saat Temu Online dan siswa akan mengoreksi sendiri hasil kerjanya. Bila ada pertanyaan, siswa bisa bertanya langsung dengan Mentor.

3. Questions of the Day (QOTD)

  • Setiap 2 hari sekali, yaitu hari Selasa, Kamis, dan Sabtu, Mentor Sekolah TOEFL akan memposting Questions of the Day (QOTD) di FB Group belajar. QOTD adalah 2 soal yang diambil secara acak dari tes-tes TOEFL sebelumnya dan diberikan kepada siswa sebagai stimulasi tambahan dalam mengerjakan soal. Saat QOTD diberikan di Grup, siswa menjawab QOTD ini sesuai arahan di Grup.
  • Mentor Sekolah TOEFL akan memberikan pembahasan untuk setiap QOTD sebelum QOTD yang abru dikeluarkan sehingga siswa dapat mengecek apakah jawabannya benar atau tidak, sekaligus mengetahui pembahasan soal yang benarnya.
  • QOTD ini akan memperkaya pengalaman siswa dalam mengerjakan soal-soal TOEFL.

4. WhatsApp Grup (Akan diinformasikan lagi tentang ini)

  • Setelah melalui beberapa minggu proses pembelajaran di Sekolah TOEFL, akan dibentuk WhatsApp Grup.
  • Di WhatsApp Grup siswa akan mendapatkan bimbingan setiap hari oleh Class Administrator dan Mentor Assistant.
  • Siswa dapat bertanya pada Mentor Assistant bila ada pertanyaan.
  • Class Administrator menyiapkan berbagai aktifitas yang dapat menunjang keaktifan belajar siswa di Sekolah TOEFL.
  • Siswa yang tidak memiliki WhatsApp tetap dapat mengikuti Sekolah TOEFL lewat Grup saja.
  • Keuntungan tergabung di Grup WhatsApp adalah siswa akan mendampatkan bimbingan dan monitor secara langsung setiap hari oleh Class Administrator dan Mentor Assistant.

5. TOEFL Prediction Test

  • Setiap 2 bulan ada TOEFL prediction Test yang diselenggarakan secara gratis di Sekolah TOEFL.
  • Tujuan diadakannya TOEFL Prediction Test ini adalah untuk memfasilitasi siswa dalam memprediksi bagaimana skor TOEFL mereka bila nanti mengikuti tes TOEFL ITP yang sebenarnya.
  • Prosedur pelaksanaan TOEFL Prediction Test ini akan diberitahukan kepada siswa bila sudah tiba waktunya.

Siapa saja yang bisa belajar di Sekolah TOEFL?

Semua orang bisa.

Ada lebih 3 ribu siswa Sekolah TOEFL yang aktif sekarang. Siswa-siswa ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda, mulai dari Guru, Dosen, Dokter, Pegawai Pemerintahan, Pegawai Bank, Pegawai Swasta, Mahasiswa, Fresh Graduates, dan berbagai profesi lainnya, sampai siswa SMA. Kesibukan dan keterbatasan-keterbatasan fasilitas dan finansial bukan alasan untuk tidak belajar jika memang ingin meraih mimpi melanjutkan studi ke luar negeri.

Sistem belajar di Sekolah TOEFL dibuat se-fleksibel mungkin agar dapat memenuhi kebutuhan siswa dari berbagai profesi dan latar belakang. Asal ada kemauan dan diprioritaskan, akan selalu ada jalan, kecuali bila siswanya sendiri sudah malas dan menyerah pada keadaan yang membatasinya.


Apa syarat menjadi siswa Sekolah TOEFL?

Mau serius, tekun, serta berkomitmen aktif dalam mengikuti setiap aktifitas pembelajaran di Sekolah TOEFL.

Sekolah TOEFL ini dibuat untuk membantu anak-anak Indonesia dalam meraih impiannya studi ke luar negeri. Selain belajar TOEFL, siswa juga dapat berkonsultasi dan berdiskusi tentang rencana-rencana melamar program beasiswa dengan Mentor Sekolah TOEFL.


Apakah ada siswa Sekolah TOEFL yang sudah berhasil meraih beasiswa?

Siswa-siswa Sekolah TOEFL sudah ada yang mendapatkan beasiswa yang bersifat exchange ke Taiwan, Amerika, Jepang, dan lain-lain, dan sebagian lagi mendapatkan beasiswa studi S2 dan S3 di dalam dan luar negeri.


Siapa Mentor Sekolah TOEFL

Mentor Sekolah TOEFL adalah Kak Budi Waluyo, MA., lulusan S2 University of Manchester, Inggris dan Mahasiswa S3 di Lehigh University, Amerika Serikat. Beliau penerima beasiswa S2 IFP Ford Foundation, USA, dan Beasiswa Fulbright. 2 buku yang ditulis beliau tentang meraih beasiswa dibagikannya gratis di blog sdsafadg.com.

Sekolah TOEFL ini memang gratis, tetapi pengalaman belajar yang diberikan mungkin tidak akan kalian dapatkan di Sekolah yang membutuhkan biaya.

Namun, walaupun Sekolah TOEFL sudah menyiapkan materi yang rapid an terstruktur dengan baik, siswa tetap dituntut untuk serius, tekun, dan aktif mengikuti proses pembelajaran. There is no magic in learning; tidak jalan pintas kalau mau memiliki skor yang tinggi, harus fokus dan tekun belajar! Keterbatasan waktu, uang, fasilitas belajar atau hal lainnya bukanlah alasan untuk tidak bisa meraih impain studi ke luar negeri.

Jangan biarkan keterbatasan yang ada membuatmu tidak mampu berbuat lebih dari yang orang lain pikirkan!

Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | FB Page: sdsafadg | Twitter @01_budi | Line ID: sdsafadg 

Advertisements